kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.284   55,00   0,36%
  • IDX 7.882   52,42   0,67%
  • KOMPAS100 1.202   6,01   0,50%
  • LQ45 976   6,13   0,63%
  • ISSI 228   0,06   0,03%
  • IDX30 498   3,05   0,62%
  • IDXHIDIV20 601   3,95   0,66%
  • IDX80 137   0,65   0,48%
  • IDXV30 140   -0,27   -0,19%
  • IDXQ30 167   0,93   0,56%

Bukan Pelit, Warren Buffett Terapkan Prinsip Tegas pada Anak-anaknya


Selasa, 17 September 2024 / 11:00 WIB
Bukan Pelit, Warren Buffett Terapkan Prinsip Tegas pada Anak-anaknya
ILUSTRASI. Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sebesar US$142 miliar . Photographer: Andrew Harrer/Bloomberg *** Local Caption *** Warren Buffett


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sebesar US$142 miliar menurut Bloomberg, terkenal tidak hanya karena kepiawaiannya dalam berinvestasi, tetapi juga karena sifat dermawannya.

Dikutip dari benzinga.com, selama bertahun-tahun, ia telah menyumbangkan miliaran dolar untuk amal. Namun, ketika berbicara tentang anak-anaknya, Warren memiliki prinsip yang berbeda bantuan finansial bukanlah bagian dari kesepakatan.

Dalam film dokumenter HBO Becoming Warren Buffett, Susie Buffett menceritakan kisah yang memberikan gambaran tentang sifat hemat ayahnya. Cerita ini sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya diungkapkan.

Pada tahun 2011, sebuah artikel dari Globe and Mail menyebutkan bahwa Susie pernah meminta pinjaman sebesar US$41.000 kepada ayahnya untuk merenovasi dapur setelah kelahiran bayinya. Renovasi ini dibutuhkan agar ada tempat untuk kursi bayi, namun tanggapan Warren adalah memintanya untuk "pergi ke bank seperti orang lain."

Baca Juga: Warren Buffett Wariskan Jiwa Filantropis kepada Ketiga Anaknya

Pada tahun 2017, Susie kembali mengingat cerita dapur tersebut dan menjelaskan bahwa dia sebenarnya tidak meminta bantuan gratis. "Saya pikir saya meminta pinjaman, bukan meminta dia memberi saya uang," ujarnya. Meski begitu, penolakan Warren tetap membuatnya terkejut. "Saya berpikir, oh ayolah, masa tidak bisa membantu?" dia berbagi.

Dalam candaannya, Susie pernah mengatakan kepada ibunya bahwa dia khawatir akan masa depannya. "Suatu hari nanti saya akan muncul di sampul People sebagai tunawisma, karena ayah saya akan tetap menjadi orang super kaya, dan kita semua akan terlantar," katanya.

Meski terdengar keras, Susie menegaskan bahwa ia tidak pernah merasa ayahnya pelit. "Saya tidak pernah merasa dia pelit atau apapun istilah yang ingin kamu gunakan, hemat," jelasnya.

Menurutnya, tumbuh besar di rumah keluarga Buffett sebenarnya sangat normal, terutama untuk anak-anak yang ayahnya kelak menjadi salah satu orang terkaya di dunia. "Kami tumbuh dalam situasi yang sangat normal ... semacam situasi biasa di mana ayah adalah sosok yang dominan," kata Susie.

Baca Juga: Warren Buffett Lakukan Hal Ini Pertama Kalinya dalam 20 Tahun, Investor Khawatir?

Dia dan saudara-saudaranya mendapatkan uang saku, yang segera mereka habiskan untuk permen dan majalah. Susie juga mengingat bagaimana ayahnya memiliki mesin judi slot di rumah, di mana anak-anaknya akan memasukkan uang mereka, tetapi Warren hanya akan membuka bagian belakang mesin untuk mengambil uang itu kembali.

Dalam dokumenter tersebut, Susie menjelaskan bahwa ibunya, Susie Senior, memainkan peran besar dalam melunakkan sikap Warren seiring berjalannya waktu. "Dia pasti telah melonggarkan sikapnya seiring kami bertambah usia," ujarnya.

"Saya pikir sebagian karena ibu saya. Saya yakin dia perlahan-lahan menggodanya selama bertahun-tahun," katanya.

Susie juga menambahkan bahwa setelah anak-anaknya dewasa, menjadi jelas bahwa mereka tidak akan berubah. "Apapun diri kami, itulah kami, dan tidak terlalu buruk," katanya, menambahkan bahwa kecemasan Warren tentang uang telah berkurang seiring waktu.

Dari sudut pandang Susie, pendekatan hati-hati Warren terhadap uang bukanlah sesuatu yang perlu disesali. Mengenang masa-masa dia tidak mendapatkan pinjaman dari ayahnya, Susie merefleksikan, "Pada dasarnya, saya pikir dia benar."

Baca Juga: Bill Gates Bongkar Rahasia Awal-awal Bangun Microsoft

Dalam wawancara tahun 2017 dengan Business Insider, Susie menjelaskan bahwa dia sependapat dengan filosofi ayahnya. "Saya sebenarnya setuju dengan filosofinya tentang tidak memberikan banyak uang kepada anak-anak. Dan, omong-omong, ayah saya sering disalahpahami terkait hal ini," ujarnya.

"Dia jauh lebih dermawan daripada yang disadari orang-orang. Saya merasa sangat bersyukur memiliki orang tua seperti mereka dan untuk semua yang telah mereka berikan kepada kami. Tapi tentu saja, dia tidak akan meninggalkan kami US$50 miliar, dan memang seharusnya begitu. Itu akan menjadi hal yang gila," katanya.

Selanjutnya: Harga Minyakita Lampaui HET, Kemendag Buka Suara

Menarik Dibaca: Mau Pinjam KTA? Digibank Punya Fasilitas KTA dengan Bunga Mulai dari 0,88%




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×