kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,94   9,34   1.04%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bulan Juli, trafik Yahoo melampaui Google


Jumat, 23 Agustus 2013 / 08:41 WIB
Bulan Juli, trafik Yahoo melampaui Google
ILUSTRASI. Kurs Dollar-Rupiah di BRI Jelang Tengah Hari Ini, Kamis 31 Maret 2022./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/08/01/2021.


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Dessy Rosalina

SAN FRANCISCO. Raksasa teknologi di kawasan Silicon Valley harus mulai jeli mengawasi gerak-gerik Yahoo Inc. Ibarat raksasa yang bangkit dari tidur panjang, Yahoo terus membuat gebrakan. Sebagai bukti, di sepanjang bulan Juli kemarin, trafik Yahoo berhasil melampaui pesaing terberatnya, Google Inc. Mengutip data comScore, perusahaan riset digital media, pengunjung Yahoo di Juli menembus 196,6 juta.

Sementara, di periode yang sama, trafik pengunjung Google sedikit di bawah pencapaian Yahoo yakni 192,3 juta. Yang mengejutkan, ini merupakan prestasi pertama kali bagi Yahoo melampaui trafik Google, sejak Mei 2011 silam. Secara singkat, comScore mengungkap bahwa pengunjung situs Yahoo tumbuh kencang 20% jika dibandingkan Juli tahun 2012.

Dus, peta penguasa internet pun berubah. Tahun lalu, Yahoo yang bertengger di posisi ketiga melesat menjadi jawara.
Disusul Google, Microsoft, Facebook, dan AOL. Lebih detil, Microsoft berhasil meraih 179,6 juta pengunjung. Sementara Facebook dan AOL masing-masing dikunjungi sekitar 142,3 juta dan 117,4 juta. "Prestasi trafik Yahoo ini belum termasuk trafik jejaring sosial Tumblr," tulis Andrew Lipsman, Vice President comScore, mengutip CNN, Kamis (22/8).

Tumblr resmi diakuisisi Yahoo pada Juni lalu. Tumblr berada di posisi ke-28 dengan total pengunjung 38,36 juta di sepanjang Juli. Catatan saja, data trafik yang terrekam comScore merupakan pengunjung yang mengakses web dari lokasi Amerika Serikat (AS). Data juga tidak termasuk pengakses dari mobile phone.

Buah peremajaan

Data comScore juga membedakan antara trafik pengunjung laman situs dengan trafik mesin pencari. Di Juli, Google masih merajai pasar search engine dengan pangsa pasar 66,7%. Sejatinya, rapor kinclong Yahoo di Juli menjadi kado manis bagi Marissa Mayer, CEO Yahoo Inc.

Bulan lalu, Mayer mengatakan bahwa page views Yahoo tumbuh signifikan pasca menurunan sejak setahun terakhir. Mayer menambahkan, pihaknya juga melakukan sejumlah peremajaan pada layanan email, cuaca, berita, dan Tumblr. Dus, trafik harian Yahoo mail melesat 120%.

Mayer bilang, Yahoo bakal fokus pada produk rutinitas harian konsumen untuk menggenjot trafik dan iklan. Selain meremajakan produk, Mayer getol mengakuisisi. Sejak mengomandoi Yahoo di Juli 2012, Mayer telah membeli 16 perusahaan. Lewat akuisisi, Mayer menolak anggapan bahwa Yahoo adalah raksasa internet yang mati suri. 




TERBARU

[X]
×