kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Asia Melemah Seiring Kembalinya Pasar China


Senin, 19 Februari 2024 / 09:40 WIB
Bursa Asia Melemah Seiring Kembalinya Pasar China
ILUSTRASI. Pedestrians pass before a share prices board in Tokyo on Tuesday, October 10, 2023. . (Photo by Yoshio Tsunoda/AFLO)


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Bursa Asia melemag mengawali perdagangan pada hari Senin (19/2), memudarnya peluang penurunan suku bunga lebih awal secara global memperburuk suasana pasar.

Sedangkan, bursa China kembali dari liburan dengan hanya memperoleh keuntungan yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: Minim Sentimen, IHSG Terkoreksi 0,22% Mengawali Perdagangan Senin (19/2)

Liburnya pasar Amerika Serikat (AS) juga membuat perdagangan menjadi tipis. Sementara lonjakan terbaru pada saham-saham teknologi akan diuji oleh hasil laporan keuangan Nvidia pada hari Rabu (21/2).

Melansir Reuters, indeks MSCI yang terdiri dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun tipis 0,1%, setelah melonjak 2% pada minggu lalu.

Nikkei Jepang merosot 0,3%, setelah melonjak lebih dari 4% pada minggu lalu dan berhenti mendekati level tertinggi sepanjang masa.

Baca Juga: Pembukaan IHSG 16 Februari 2024 Tercatat Pada Zona Merah

EUROSTOXX 50 berjangka juga turun 0,3% dan FTSE berjangka kehilangan 0,2%.

Saham blue chips China naik tipis 0,3% dan saham Shanghai naik 0,7%. Investor berharap mereka dapat melanjutkan reli sebesar 6% yang dinikmati sebelum jeda.

Terdapat berita yang menjanjikan bahwa pendapatan pariwisata selama liburan Tahun Baru Imlek melonjak sebesar 47% dibandingkan tahun sebelumnya karena lebih dari 61 juta perjalanan kereta api dilakukan.

Baca Juga: Traders, Ini Rekomendasi Saham dari KB Valbury untuk 19 Februari 2024

Bank sentral negara tersebut melewatkan kesempatan untuk menurunkan suku bunga lagi pada hari Minggu, yang kemungkinan akan membatasi tekanan terhadap yuan.

Namun dengan adanya deflasi, para analis melihat banyak ruang untuk stimulus kebijakan lebih lanjut.

Hal yang sama tidak berlaku di Amerika Serikat karena tingginya angka harga produsen dan konsumen menyebabkan pasar secara tajam mengurangi perkiraan penurunan suku bunga.

Bruce Kasman, kepala ekonomi global di JPMorgan, memperingatkan ukuran inflasi konsumsi pribadi inti yang disukai The Fed sekarang bisa melonjak sebesar 0,5% pada bulan Januari. Seminggu yang lalu, pasar mengharapkan kenaikan hanya 0,2%.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham ANTM, BRIS, BRPT dan Cuan untuk Perdagangan Hari Ini (19/2)

“Meskipun terlalu dini untuk memberikan beban signifikan pada data bulan Januari yang bermasalah, risiko telah bergeser ke arah inflasi inti dan kondisi pasar tenaga kerja yang mengejutkan The Fed dengan mengambil arah hawkish pada paruh pertama tahun 2024,” tulis Kasman dalam sebuah catatan.

“Keterlambatan ini diperkirakan akan menunda dimulainya siklus pelonggaran negara maju hingga pertengahan tahun, dan mengekang antusiasme mengenai besarnya keseluruhan siklus pelonggaran di masa depan.”

Kontrak berjangka telah tenggelam dan menyiratkan peluang penurunan suku bunga sebesar 28% pada bulan Mei, ketika kesepakatan tersebut dianggap telah selesai beberapa minggu yang lalu.

Pasar telah mengambil penurunan suku bunga sebesar dua perempat poin pada tahun ini yang berarti pelonggaran kurang dari 100 basis poin.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×