kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

California berlakukan jam malam, demi mengerem penyebaran virus corona


Jumat, 20 November 2020 / 10:06 WIB
California berlakukan jam malam, demi mengerem penyebaran virus corona
ILUSTRASI. Ilustrasi corona di California REUTERS/Mike Blake TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SACRAMENTO. Gubernur California memerintahkan pemberlakuan jam malam untuk semua pertemuan sosial di dalam ruangan dan kegiatan tidak penting di luar rumah di sebagian besar negara bagian. Langkah ini dilakukan untuk mengekang lonjakan kasus infeksi virus corona.

Mengutip Reuters, Jumat (20/11), Gubernur Gavin Newsom mengatakan, perintah jam malam akan berlaku mulai pukul 10 malam hingga jam 5 pagi setiap hari, mulai Sabtu malam dan berakhir pagi tanggal 21 Desember, mencakup 41 kabupaten yang mewakili lebih dari 94% populasi negara bagian.

"Virus itu menyebar dengan kecepatan yang belum pernah kita lihat sejak awal pandemi ini, dan beberapa hari dan minggu ke depan akan menjadi sangat penting untuk menghentikan lonjakan," kata Newsom dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan tindakan tersebut.

Dia mengatakan pembatasan pada dasarnya sama dengan perintah tinggal di rumah pertama di negara bagian di negara bagian California yang diberlakukan Newsom pada bulan Maret, kecuali itu hanya berlaku selama jam malam yang ditentukan dan bukan sepanjang waktu.

Baca Juga: Benarkah Joe Biden bakal terapkan lockdown nasional di Amerika?

Beberapa waktu sebelumnya, Presiden terpilih Joe Biden muncul dari telekonferensi dengan 10 gubernur dari kedua pihak yang mengatakan mereka telah membahas kemungkinan "implementasi mandat masker nasional."

Biden, yang menekankan perlunya strategi nasional yang terkoordinasi untuk melawan pandemi, juga mengulangi bahwa dia tidak berencana untuk memberlakukan penutupan AS, bertentangan dengan klaim yang dibuat selama pemilihan oleh Presiden Donald Trump dan Partai Republik lainnya.

"Saya tidak akan menghentikan ekonomi, titik. Saya akan menghentikan virus," kata Biden kepada wartawan.

Ia menambahkan, "Saya akan mengatakannya lagi: tidak ada penutupan nasional. Setiap wilayah regional, setiap komunitas berbeda."

Perintah Newsom datang ketika para pemimpin pemerintah negara bagian dan lokal di seluruh negeri bergerak untuk memberlakukan kembali pembatasan pada kehidupan sosial dan ekonomi, berusaha untuk menekan tingkat infeksi Covid-19 yang melonjak dan dirawat di rumah sakit menuju musim dingin setelah jeda musim panas dalam pandemi.

Pakar kesehatan mengatakan percampuran sosial yang lebih besar dan pertemuan dalam ruangan selama musim liburan, dikombinasikan dengan cuaca yang lebih dingin, kemungkinan akan mempercepat lonjakan, mengancam untuk membanjiri sistem perawatan kesehatan yang sudah tegang.

Newsom, seorang Demokrat periode pertama, memperingatkan bahwa "tindakan yang lebih ketat" mungkin diperlukan jika upaya terbaru untuk menumpulkan penularan gagal.

Anggota Majelis negara bagian Republik James Gallagher dengan tajam mengkritik tindakan gubernur tersebut, dengan mengatakan, "Jam malam sewenang-wenang hanya akan semakin menghancurkan bisnis yang sedang berjuang yang sudah menghadapi beberapa rintangan terberat di negara ini."

Jam malam yang baru diperintahkan di California, negara bagian AS terpadat dengan sekitar 40 juta penduduk, terjadi sehari setelah sistem sekolah umum New York City, yang terbesar di negara itu, menghentikan instruksi di kelas karena meningkatnya tingkat infeksi di sana.

Selanjutnya: WHO: Mungkin, pandemi virus corona sudah berada di puncak




TERBARU

[X]
×