kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Sederhana untuk Jadi Kaya Raya ala Warren Buffett


Selasa, 18 Juni 2024 / 03:25 WIB
5 Cara Sederhana untuk Jadi Kaya Raya ala Warren Buffett
ILUSTRASI. Warren Buffett bisa dibilang adalah investor paling terkenal dan paling dihormati sepanjang masa. REUTERS/Kevin Lamarque


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett bisa dibilang adalah investor paling terkenal dan paling dihormati sepanjang masa. Buffett juga dikenal karena pesonanya yang sederhana dan kutipannya yang mengesankan tentang seni berinvestasi.

Saat Anda bertujuan untuk mencapai puncak gunung, akan lebih bijaksana untuk mengikuti jejak kaki orang-orang yang telah berhasil melakukan pendakian sebelum Anda. 

Nah, peluang Anda untuk sukses berinvestasi dapat meningkat secara eksponensial jika Anda mempelajari dan menerapkan kiat-kiat investasi terbaik dari Buffett.

Berikut 5 cara sederhana tentang mengelola uang ala Warren Buffett seperti yang dilansi dari GoBankingRates dan Inc.com:

1. Dapatkan Nilai Tinggi dengan Harga Rendah

Dalam surat pemegang saham Berkshire Hathaway tahun 2008, Buffett berbagi prinsip kunci lainnya: 

"Harga adalah apa yang Anda bayar; nilai adalah apa yang Anda dapatkan." 

Kehilangan uang dapat terjadi saat Anda membayar harga yang tidak sesuai dengan nilai yang Anda dapatkan -- seperti saat Anda membayar bunga tinggi atas hutang kartu kredit atau membelanjakan barang yang jarang Anda gunakan.

Sebaliknya, hiduplah sederhana seperti Buffett dengan mencari peluang untuk mendapatkan nilai lebih dengan harga lebih murah. 

"Apakah kita berbicara tentang kaus kaki atau saham, saya suka membeli barang dagangan berkualitas saat harganya turun," tulis Buffett.

Baca Juga: Banyak yang Belum Berani Investasi, Simak Petuah Jitu Warren Buffett

2. Bentuk Kebiasaan Uang yang Sehat

Dalam pidato tahun 2007 di University of Florida, Buffett berkata, 

"Sebagian besar perilaku adalah kebiasaan, dan mereka mengatakan bahwa rantai kebiasaan terlalu ringan untuk dirasakan sampai terlalu berat untuk dipatahkan." 

Berusahalah untuk membangun kebiasaan uang yang positif, dan hentikan kebiasaan yang merugikan dompet Anda.




TERBARU

[X]
×