kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Carlos Slim Helu Orang Terkaya Dunia Tahun 2010 Versi Forbes


Kamis, 11 Maret 2010 / 09:34 WIB


Sumber: BLOOMBERG | Editor: Test Test

NEWYORK. Carlos Slim Helu kembali meraih gelar orang terkaya dunia versi majalah Forbes. Total kekayaan Slim yang mencapai US$ 53,5 miliar ini melampaui kekayaan Bill Gates dan Warren Buffet.

Slim menjadi orang pertama dari luar Amerika Serikat (AS) yang memimpin jajaran miliarder dunia dalam 16 tahun terakhir. Nilai kekayaan Slim yang membangun kerajaan telekomunikasi sejak dua dekade lalu, meningkat sebesar US$ 18,5 miliar dalam setahun terakhir.Di peringkat kedua, ada Bill Gates yang kekayaannya naik US$ 13 miliar menjadi US$ 53 miliar. Lalu, di urutan ketiga adalah pemilik Berkshire Hathaway Inc., Warren Buffet, dengan kekayaan naik US$ 10 miliar menjadi U$ 47 miliar.

"Kami sudah memperhatikan Slim untuk beberapa waktu dan berpikir kapan ia akan mengambil alih gelar sebagai orang terkaya di dunia," ujar Editor Senior Forbes Luisa Kroll kepada Bloomberg.

Sekitar 80% dari kepemilikan saham Slim berada di lima perusahaan publik. American Movil SAB, perusahaan telepon nirkabel yang dikontrol oleh Slim harga sahamnya melejit 56% dalam setahun terakhir. American Movil SAD memperluas jaringan ke 18 negara di bumi bagian barat, termasuk Meksiko, Brazil, dan AS.

Perusahaan telepon tetap Telefonos de Mexico SAB, yang juga dimiliki oleh Slim, merupakan perusahaan telepon tetap terbesar di Meksiko yang menguasai 80% penetrasi telepon tetap di negara tersebut. Di Brazil, Slim memiliki Telmex Internacional SAByang menguasai sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) terbesar di Brazil dan perusahaan televisi kabel Kolombia, Peru, dan negara-negara Amerika Selatan lainnya. Slim juga memiliki saham perusahaan-perusahaan AS seperti New York Times Co., Saks Inc., dan Bronco Drilling Co melalui perusahaan investasinya.

Orang terkaya di Asia

Di Asia, pria yang mendapat predikat sebagai orang terkaya di Asia adalah Mukesh Ambani. Pemilik perusahaan penyulingan dan eksplorasi energi Reliance Industries Ltd. yang berbasis di Mumbai ini berada di urutan keempat dunia. Nilai kekayaan Ambani mencapai US$ 29 miliar, naik US$ 19,5 miliar dari posisi tahun lalu.

Orang India lainnya yang berada di jajaran orang kaya dunia adalahh Lakshmi Mittal, CEO produsen baja terbesar dunia ArcelorMittal. Mittal menyodok ke posisi kelima dari posisi kedelapan pada tahun lalu. Nilai kekayaan Mittal mencapai US$ 28,7 miliar, naik US$ 9,4 miliar dari tahun lalu.




TERBARU

[X]
×