Catat! 3 Fenomena Hujan Meteor Terjadi Akhir Bulan Juli 2022 Ini, Apa Saja?

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:37 WIB Sumber: CNET
Catat! 3 Fenomena Hujan Meteor Terjadi Akhir Bulan Juli 2022 Ini, Apa Saja?

ILUSTRASI. Catat! 3 Fenomena Hujan Meteor Terjadi Akhir Bulan Juli 2022 Ini, Apa Saja?


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Catat! 3 Fenomena hujan meteor bakal terjadi akhir Juli 2022 ini, apa saja? Hujan meteor Delta Aquariids dan Alpha Capricornids sedang berlangsung, disusul Perseid yang cukup populer puncaknya terjadi awal Agustus 2022.

Tahukah Anda? Di pekan terakhir, sebelum bulan Juli 2022 ini ternyata masih menyimpan fenomena astronomi yang cukup menarik. Adalah 3 hujan meteor yang sedang berlangsung.

Melansir CNET (26/07/2022), 3 hujan meteor yang berlangsung akhir bulan Juli 2022 ini adalah Delta Aquariids, Alpha Capricornids dan Perseid yang namanya sudah malang melintang.

Tandai kalender Anda, yuk simak kapan ketiga hujan meteor tersebut dapat disimak di langit malam.

Baca Juga: Mengenal Galaksi Bima Sakti Milky Way, Asal Usul Namanya Diambil Dari Mitologi ini

1. Hujan Meteor Perseid (Awal bulan Agustus 2022)

METEOR-SHOWER

Hujan meteor Perseid ini populer di belahan Bumi belahan utara, di mana cuaca musim panas membuat pemandangannya ideal. 

Puncaknya bakal terjadi pada malam hari pada tanggal 11 Agustus dan pagi hari 12 Agustus 2022. Menurut American Meteor Society, hujan meteor Perseid ini diperkirakan mencapai 100 meteor per jam yang terlihat dari langit yang gelap dengan polusi cahaya yang minim.

Sayangnya, bulan akan berada dalam fase penuhnya ketika hujan meteor ini terjadi. Ini akan menghasilkan polusi cahaya yang besar di sebagian malam selama puncak hujan meteor Perseid ini.

Meski begitu, Anda dapat melihat hujan meteor Perseid ke lokasi pengamatan dengan langit cerah tanpa lampu di sekitarnya.

Baca Juga: Hujan Meteor akan Menghiasi Langit Malam di Indonesia Akhir Juli 2022, Mau Lihat?

2. Hujan Meteor Delta Aquariids (29-30 Juli 2022)

Hujan meteor Delta Aquariids ini paling baik dilihat dari wilayah selatan garis khatulistiwa.

Puncak hujan meteor Delta Aquariids ini bakal terjadi pada tanggal 29-30 Juli 2022. Menurut The Science Times, puncak hujan meteor Delta Aquariids akan terlihat 20 meteor per jam pada tingkat maksimum di langit yang gelap tanpa adanya Bulan di sekitar.

3. Hujan Meteor Alpha Capricornids (30-31 Juli 2022)

Hujan meteor Alpha Capricornids juga cukup kuat, ini akan mencapai puncaknya pada malam 30 Juli hingga dini hari tanggal 31 Juli 2022.

Dalam sepekan terakhir sebelum bulan Juli berakhir, Anda dapat melihat serpihan kecil puing-puing kosmik yang terbakar habis saat bertabrakan dengan atmosfer Bumi. Hujan meteor Alpha Capricornids ini diperkirakan mencapai hampir dua lusin per jam saat muncul di atas langit dalam kondisi ideal, minim polusi cahaya.

Apakah Anda tertarik untuk melihat fenomena hujan meteor sepekan terakhir sebelum Juli 2022 ini berakhir? Jika iya, Anda membutuhkan waktu setidaknya 15 menit untuk memandang langit untuk menyesuaikan mata Anda.

Anda juga harus menyisihkan waktu setidaknya 1 jam atau 2 jam untuk mendapatkan pengalaman terbaik mengamati fenomena hujan meteor atau yang juga disebut sebagai bintang jatuh ini.

Editor: Arif Budianto

Terbaru