kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bos Freeport James Moffett mengundurkan diri


Selasa, 29 Desember 2015 / 10:28 WIB
Bos Freeport James Moffett mengundurkan diri


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Pimpinan dan pendiri Freeport-McMorran Inc James Moffett akan mengundurkan diri dari jabatannya. Langkah ini diambil Moffett selang dua bulan setelah perusahaan tambang tersebut menambah dua direksi baru atas tekanan dari miliarder Carl Icahn.

Pihak Freeport bilang, akan menjadi konsultan dewan dan penasihat bagi unit perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Untuk jabatan barunya, Moffett akan menerima pendapatan biaya konsultan tahunan senilai US$ 1,5 juta.

Gerald J Ford, direktur utama independen, akan menjadi direktur non-eksekutif dan Richard C Adkerson akan menjadi presiden dan CEO.

Sekadar informasi, Moffett (77 tahun), memiliki peranan penting dalam mengembangkan deposit emas dan tembaga Grasberg di Indonesia. Ini merupakan salah satu tambang terbesar dunia.

"Setelah mempertimbangkan secara seksama, jajaran direksi menyimpulkan bahwa adanya perubahan di posisi pimpinan akan tetap mempertimbangkan kepentingan perusahaan dan pemegang saham," jelas juru bicara Freeport dalam email yang diterima Reuters.

Dia menambahkan, baik Moffett maupun jajaran direksi yang lain sepakat bahwa dirinya akan segera mundur.

Pasca pengumuman ini, saham Freeport anjlok lebih dari 9% menjadi US$ 6,86 pada Senin kemarin.

Penggantian ini cukup membuat banyak pihak bertanya-tanya. Sebab, Moffett juga merupakan pemegang saham McMoRans terbesar dan CEO.

"Sejak Moffett menjadi pimpinan, saham Freeport anjlok dari level US$ 60 menjadi US$ 7," jelas Tigress Financial Partners analyst Ivan Feinseth.

Sebelumnya, Icahn -yang mengempit sekitar 8,8% saham Freeport per 22 September- telah mengkritik anggaran belanja perusahaan, struktur modal, dan kompensasi eksekutif di tengah melemahnya harga komoditas.

Pada Oktober lalu, Icahn dan Freeport juga mencapai kesepakatan, yakni melakukan pembatasan pada investor aktivis dalam upaya untuk mengganti jajaran direksi.

Selain itu, perusahaan mengumumkan pihaknya akan mengurangi jumlah direksi dari sebelumnya 16 orang menjadi sembilan orang. Freeport juga berencana memisahkan unit minyak dan gas mereka dari unit tambang.




TERBARU

[X]
×