kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,74   0,31   0.03%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CEO OpenAI Sam Altman Meluncurkan Proyek Crypto Worldcoin


Senin, 24 Juli 2023 / 15:00 WIB
CEO OpenAI Sam Altman Meluncurkan Proyek Crypto Worldcoin
ILUSTRASI. Sam Altman dari OpenAI meluncurkan proyek crypto Worldcoin. REUTERS/Pavel Mikheyev


Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Worldcoin, proyek cryptocurrency yang didirikan oleh CEO OpenAI Sam Altman, diluncurkan pada hari Senin.

Penawaran inti proyek ini adalah World ID-nya, sebuah akun yang hanya bisa didapatkan oleh manusia sungguhan. Untuk mendapatkan World ID, pelanggan mendaftar untuk melakukan pemindaian iris secara langsung menggunakan 'orb' (bola) Worldcoin.

Perusahaan di belakang Worldcoin adalah Tools for Humanity yang berbasis di San Francisco dan Berlin.

Proyek ini memiliki 2 juta pengguna dari periode beta, dan dengan peluncuran hari Senin, Worldcoin meningkatkan operasi "orbing" ke 35 kota di 20 negara. Sebagai daya tarik, mereka yang mendaftar di negara tertentu akan menerima WLD token cryptocurrency Worldcoin.

Baca Juga: Bursa Kripto Berdiri, Pemain Kripto Ingatkan Biaya Transaksi Jangan Ketinggian

Aspek mata uang kripto dari World ID penting karena blockchain mata uang kripto dapat menyimpan World ID dengan menjaga privasi dan tidak dapat dikontrol atau ditutup oleh entitas tunggal mana pun, kata salah satu pendiri Alex Blania kepada Reuters.

Proyek tersebut mengatakan World ID akan diperlukan di era chatbot AI generatif seperti ChatGPT, yang menghasilkan bahasa yang sangat mirip manusia. World ID dapat digunakan untuk membedakan antara orang sungguhan dan bot AI online.

Binance, bursa cryptocurrency terbesar, mengatakan akan mendaftarkan Worldcoin dengan pembukaan perdagangan tentatif diharapkan pada hari Senin pukul 0900 GMT.

Altman mengatakan kepada Reuters Worldcoin juga dapat membantu mengatasi bagaimana ekonomi akan dibentuk kembali oleh AI generatif.

"Orang-orang akan terdorong oleh AI, yang akan memiliki implikasi ekonomi yang sangat besar," katanya.

Salah satu contoh yang disukai Altman adalah penghasilan dasar universal, atau UBI, program tunjangan sosial yang biasanya dijalankan oleh pemerintah di mana setiap individu berhak atas pembayaran. 

Baca Juga: Bappebti Dirikan Bursa Kripto, Pemain Kripto Sebut Ada Kepastian Hukum

Karena AI akan melakukan lebih banyak pekerjaan yang dilakukan orang sekarang, Altman yakin UBI dapat membantu memerangi ketimpangan pendapatan. Karena hanya orang sungguhan yang dapat memiliki World ID ini dapat digunakan untuk mengurangi penipuan saat menerapkan UBI.

Altman mengatakan dia pikir dunia dengan UBI akan sangat jauh di masa depan dan dia tidak memiliki gagasan yang jelas tentang entitas apa yang dapat membagikan uang, tetapi Worldcoin meletakkan dasar untuk mewujudkannya.

“Kami pikir kami perlu mulai bereksperimen dengan berbagai hal sehingga kami dapat mengetahui apa yang harus dilakukan,” katanya.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×