kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.175
  • SUN95,28 0,00%
  • EMAS663.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Cerai dari CEO Amazon Jeff Bezos, Mackenzie jadi wanita terkaya dunia

Kamis, 10 Januari 2019 / 22:52 WIB

Cerai dari CEO Amazon Jeff Bezos, Mackenzie jadi wanita terkaya dunia
ILUSTRASI. Jeff Bezos bersama MacKenzie saat Vanity Fair Oscar Party 2018

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Perceraian  Chief Executive Officer (CEO) Amazon Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie memantik perhatian publik. Yang terbaru, kedua pasangan ini dikabarkan tak memiliki perjanjian pranikah. Alhasil, ia  harus membagi kekayaannya sebesar US$ 140 miliar.

Ini akan menjadikan MacKenzie wanita terkaya di dunia. TMZ melaporkan, perceraian mereka akan diajukan di Washington, negara bagian Amerika Serikat. Menurut hukum di sana, semua aset yang diperoleh selama pernikahan oleh salah satu pasangan terbagi rata, kecuali ada perjanjian pernikahan. Dengan begitu,  ini akan membuat MacKenzie Bezos menjadi wanita terkaya di dunia, dengan kekayaan $ 70 miliar.


Kekayaan Jeff memang tumbuh secara eksponensial dalam lima tahun terakhir.  Jika tahun  2014, kekayaan Bezos baru sebesar $ 32 miliar, maka di Januari 2018 kekayaan bersih Bezos sudah mencapai US$ 105,1 miliar. Bahkan saat ini, kekayaan Bezos mencapai US$ 136,9 miliar, Bezos dan MacKenzie diperkirakan memiliki lebih banyak tanah secara  bersama.

Jika kelak pembagian harta cerai sama rata, MacKenzie Bezos akan mencuri posisi teratas wanita terkaya di dunia yang saat ini ditempati Françoise Bettencourt Meyers. Perempuan berusia 65 tahun  dari Prancis ini tercatat mengelola perusahaan kecantikan global L'Oreal. Kekayaan besar Meyers mencapai sebesar U$ 46,6 miliar.

MacKenzie S. Tuttle  lahir 7 April 1970 di San Francisco, California, Amerika Serikat.  Ayahnya adalah seorang perencana keuangan dan ibunya adalah rumah tangga .

Saat SMA, MacKenzie pindah ke timur, dan lulus dari Hotchkiss School di Connecticut pada tahun 1988. MacKenzie lulus dari Universitas Princeton dengan gelar sarjana dalam bahasa Inggris, dengan penghargaan tertinggi pada tahun 1992.

MacKenzie belajar menulis di bawah penulis pemenang Hadiah Pulitzer Toni Morrison saat masih kuliah. Morrison menyebut MacKenzie adalah salah satu siswa terbaik yang pernah ia miliki di kelas menulis kreatif.

Morrison  yang juga menjadi penasihat tesis MacKenzie adalah orang yang menghubungkannya dengan agen sastra terkenal Amanda 'Binky' Urban.

Adapun Jeff  Bezos juga lulus dari Princeton tahun 1986. Meski sama-sama dari Princeton, keduanya tidak pernah bertemu saat belajar di sana. Jeff dan MacKenzie justru bertemu di tempat kerja di New York City pada tahun 1992. Jeff adalah orang pertama yang mewawancarai MacKenzie di perusahaan manajemen investasi DE Shaw.

Saat itu, Jeff adalah wakil presiden di sana, dan MacKenzie telah bergabung sebagai rekan risetnya.  Dua lulusan Princeton itu bertunangan tiga bulan kemudian dan menikah pada tahun 1993. Segera setelah pasangan itu menikah pada tahun 1993, Bezos meninggalkan pekerjaannya sebagai wakil presiden sebuah perusahaan investasi New York. Mereka pindah ke sebuah rumah sewaan dengan satu kamar tidur di Seattle.

Saat itu, di garasi rumah ini Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1994.  Mereka tinggal di rumah sederhana sampai tahun 1999.  Di tahun  yang sama, Bezos pertama kali masuk dalam daftar Billionaires Forbes dengan kekayaan bersih terdaftar $ 10,1 miliar.

Inilah aset rumah Bezos

Kekayaan yang terus bertambah membuat pasangan itu beranjak dari rumah sederhana satu kamar di Seattle ke kerajaan properti. Seiring dengan pesatnya bisnis Amazon, pundi-pundi aset mereka berderet.

Di pantai barat, mereka memiliki dua rumah di Medina, Washington, sebuah pinggiran kota Seattle eksklusif yang juga menjadi rumah Bill Gates. Menurut Wall Street Journal, mereka membayar US$ 10 juta untuk 5,3 hektare properti tahun 1998.

Salah satu rumah mencakup 20.600 kaki persegi dengan lima kamar tidur dan lima kamar mandi. Yang lain adalah 8.300 kaki persegi dengan lima kamar tidur dan lima kamar mandi. Yang terakhir ini dikabarkan memiliki biaya US$ 53 juta.

Rumah dengan 310 kaki garis pantai Danau Washington itu juga sudah mengalami renovasi dengan biaya US$ 28 juta pada tahun 2010.

Di Beverly Hills, keduanya menambah aset rumah seharga US$ 24,45 juta di 2007. Kemudian di  tahun 2017, mereka membeli rumah yang berdekatan sebesar US$ 12,9 juta

Rumah pertama adalah rumah tujuh-tempat tidur, tujuh kamar mandi bergaya Spanyol dengan rumah kaca, lapangan tenis, kolam renang, enam garasi mobil dan empat air mancur. Tetangga di kawasan itu, antara lain A-listers seperti Jimmy Stewart, Donna Reed dan Walter Matthau. Rumah kedua jauh lebih sederhana di hanya 4.568 kaki persegi dengan empat kamar tidur.

Mayoritas kepemilikan tanah Jeff dan MacKenzie berada di Texas Barat.  Mereka memiliki sekitar 400.000 hektare di wilayah Culberson dan Hudspeth, sebelah timur El Paso. Sebagian besar tanah Texas dibeli dengan menggunakan nama perusahaan.

Dan di Manhattan, keduanya membeli tiga kondominium di gedung Century di 25 Central Park West di Upper West Side New York City pada tahun 1999 di bawah LLC yang disebut 'Jetima.'Pembelian itu dari mantan kepala Sony Music Tommy Mottola sebesar US$ 7,65 juta.

Jeff dan MacKenzie memiliki empat anak, termasuk tiga putra dan putri, yang mereka adopsi dari Tiongkok. Anak tertua mereka, Preston, berusia 18 tahun pada bulan Maret.

MacKenzie adalah penulis 'The Testing of Luther Albright,' sebuah novel psikologis tentang tantangan yang dihadapi ayah Sacramento, California dan keluarganya setelah gempa bumi. Buku ini memenangkannya Penghargaan Buku Amerika pada tahun 2006.

Pada  tahun 2014, MacKenzie meluncurkan Bystander Revolution, sebuah organisasi anti-intimidasi.Pada bulan September, Jeff berkomitmen US$ 2 miliar melalui Bezos Day One Fund untuk membantu keluarga tuna wisma dan memulai pra-sekolah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Dia telah meminta ide di Twitter pada 2017 untuk cara menyumbangkan sebagian dari kekayaannya.

Januari lalu, pasangan itu menyumbangkan US$ 33 juta untuk mendanai beasiswa perguruan tinggi untuk siswa sekolah menengah AS dengan status Deferred Action for Childhood Arrival (DACA), sebuah program era Obama yang melindungi imigran muda yang dibawa ke Amerika Serikat secara ilegal oleh orang tua mereka.

Pada 2012, mereka menyumbangkan $ 2,5 juta untuk kampanye negara bagian Washington untuk melegalkan pernikahan sesama jenis di sana.

Pada bulan November, Amazon memilih ibukota keuangan dan politik Amerika untuk kantor-kantor baru yang besar, bercabang dari markasnya di Seattle dengan rencana untuk menciptakan lebih dari 25.000 pekerjaan di New York City dan di luar Washington.

Dengan deretan kekayaan itu, tak pelak MacKenzie bakal menjadi wanita terkaya dunia, pasca pembagian harta gono gini.

Perselingkuhan  Bezos

Menurut National Enquirer, perceraian dua pasangan yang sudah menikah 25 tahun ini kabarnya terpantik perselingkungan Bezos dengan Lauren Sanchez.  Seorang pilot helikopter serta mantan pembawa acara Fox 11's Good Day LA  sejak Juni 2018 lalu.

CEO Amazon  ini dikabarkan memiliki hubungan rahasia selama delapan bulan dengan mantan penyiar berusia 46 tahun ini, bahkan kabarnya mereka sudah menikah di belakang istrinya

Dalam terbitan utama hari ini, majalah  tersebut menyebut Bezos sudah acap bertemu Sanchez dalam kencan gelap enam kali, dalam 14 hari. Mereka berlibur dengan jet pribadinya yang bernilai US$ 65 juta.

Seorang  sumber yang dekat dengan Bezos mengatakan kepada DailyMail.com, pendiri Amazon  berhubungan dengan Sanchez setelah berpisah dari istrinya. Ini berbeda dengan laporan National Enquirer yang mengatakan perselingkuhan telah berlangsung selama delapan bulan di belakang punggung pasangan mereka.

Enquirer menyebut telah membuntuti Bezos di lima negara bagian selama empat bulan. Mereka menyebutnya sebagai investigasi terbesar dalam sejarah majalah itu. Fotografer mereka menangkap sejoli itu telah melakukan perbuatan kotor pada pasangan mereka bersama-sama tidak kurang dari enam kali dalam 14 hari.

Enquirer juga menyebut memiliki bukti perselingkuhan tersebut.Mereka mengikuti keluarga Bezos dan Sanches melintasi lima negara bagian dan 40.000 mil, membuntuti mereka dengan jet pribadi, limusin megah, naik helikopter, perjalanan romantis, persembunyian di hotel bintang lima, kencan makan malam yang intim.

Majalah itu juga mengklaim bahwa mereka pernah bertemu di hotel yang sama di Boston, Massachusetts, tempat keluarga Bezos tinggal ketika mereka mengunjungi putra mereka di MIT untuk Hari Orang Tua.

Sanchez menikah dengan talenta Hollywood Patrick Whitesel. Seorang sumber mengatakan mereka akan berpisah pada musim gugur ini. Patrick dan Lauren Sanchez telah berpisah untuk sementara waktu. Perkawinan mereka telah lama retak, meski mereka berusaha keras untuk memperbaiki keadaan, tetapi pada musim gugur mereka resmi berpisah.

Dus, perceraian Jeff Bezos dengan MacKenzei diperkirakan menjadi perceraian dengan ongkos termahal dunia di awal tahun 2019 ini.

 

 

Reporter: Titis Nurdiana
Editor: Titis Nurdiana

Video Pilihan

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0472 || diagnostic_web = 6.5944

Close [X]
×