kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,01   -19,50   -2.08%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China akan jadikan latihan kapal induk di dekat Taiwan aktivitas rutin


Selasa, 06 April 2021 / 17:12 WIB
China akan jadikan latihan kapal induk di dekat Taiwan aktivitas rutin
ILUSTRASI. Kapal induk Liaoning milik Angkatan Laut China.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SHANGHAI. Angkatan Laut China menyatakan latihan sekelompok kapal Induk di dekat Taiwan akan menjadi latihan rutin ke depan. Hal itu dikatakan Angkatan Laut China pada Senin (5/4) dalam merespons meningkatnya ketegangan hubungan dengan Taiwan dan klaim China atas pulau tersebut.

Taiwan mengeluhkan peningkatan aktivitas militer China di dekat wilayahnya dalam beberapa bulan terakhir, karena China meningkatkan upaya untuk menegaskan kedaulatannya atas pulau yang dikelola secara demokratis itu.

Angkatan Laut China mengatakan kelompok kapal induk, yang dipimpin oleh Liaoning, kapal induk pertama negara itu yang dioperasikan secara aktif, melakukan latihan "rutin" di perairan dekat Taiwan.

Tujuannya adalah untuk "meningkatkan kemampuannya untuk menjaga kedaulatan nasional, keselamatan dan kepentingan pembangunan", katanya seperti dilansir Reuters, Selasa (6/4).

“Latihan serupa akan dilakukan secara rutin di masa depan,” tambah angkatan laut, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca Juga: Tegang! Kapal induk AS menuju Laut China Selatan saat kapal induk China dekati Taiwan

Pernyataan China mengikuti Kementerian Pertahanan Taiwan yang melaporkan serangan baru oleh angkatan udara China ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu pada hari Senin.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya memiliki "pemahaman penuh" tentang situasi di udara dan laut di sekitar Taiwan dan bahwa pihaknya "menangani dengan tepat" masalah tersebut.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pada hari Minggu bahwa Liaoning, ditemani oleh lima kapal pengawal, telah transit di Selat Miyako dalam perjalanan ke Pasifik.

Global Times China yang banyak dibaca, diterbitkan oleh People's Daily resmi Partai Komunis yang berkuasa, mencatat Nanchang, armada kapal perusak Tipe 055 baru yang kuat yang mulai beroperasi tahun lalu, adalah bagian dari grup kapal induk.

Baca Juga: Beijing kirim 8 jet tempur ke zona pertahanan Taipei




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×