kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Berencana Bangun Klaster Industri Kelas Dunia Jing-Jin-Ji, Apa Itu?


Kamis, 25 Mei 2023 / 09:18 WIB
China Berencana Bangun Klaster Industri Kelas Dunia Jing-Jin-Ji, Apa Itu?
ILUSTRASI. China berencana untuk membangun klaster pabrik canggih kelas dunia di wilayah Beijing-Tianjin-Hebei


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China berencana untuk membangun klaster pabrik canggih kelas dunia di wilayah Beijing-Tianjin-Hebei yang berfokus pada produk-produk seperti kendaraan listrik dan robot. 

Melansir Reuters, pada saat ketegangan meningkat dengan Amerika Serikat, para pemimpin China telah berjanji untuk membangun sistem industri modern dan mencapai terobosan teknologi untuk memenangkan "inisiatif strategis".

Selama satu dekade terakhir, China telah berusaha untuk mengintegrasikan ekonomi kota Beijing dan Tianjin dan provinsi Hebei sekitarnya, yang dikenal sebagai Jing-Jin-Ji. Langkah ini dilakukan untuk dapat mengurangi kesenjangan pendapatan di wilayah tersebut dan mengekang polusi.

"Menghadapi situasi baru, tugas baru, dan persyaratan baru, sebagai dataran tinggi pengembangan industri yang penting di China, tugas mempromosikan pengembangan industri terkoordinasi di Beijing-Tianjin-Hebei bahkan lebih mendesak," kata Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi dalam pernyataan pada hari Selasa.

Dikatakan, pembangunan kawasan akan fokus pada sektor-sektor seperti sirkuit terpadu, keamanan jaringan dan peralatan listrik dan industri biofarmasi.

Baca Juga: Hubungan AS-China Memanas, Mayoritas Bursa Utama di Asia Melemah pada Rabu (24/5)

Kawasan ini juga akan mengembangkan industri dalam kendaraan energi baru, kendaraan terhubung cerdas, biomedis, energi hidrogen, robot, serta penelitian tentang kecerdasan buatan, ilmu kehidupan, dan teknologi kedirgantaraan.

Pada tahun 2017, Presiden Xi Jinping mengumumkan rencana untuk membangun Kawasan Baru Xiongan sebagai bagian dari kampanye yang digerakkan oleh negara untuk mengintegrasikan ekonomi wilayah Jing-Jin-Ji dan mengurangi tekanan kemacetan dan polusi di ibu kota Tiongkok.

Awal bulan ini, Xi, selama kunjungan penting ke Xiongan - sekitar 100 km (60 mil) barat daya ibu kota - berjanji untuk memindahkan lebih banyak perusahaan negara dan institusi lain dari Beijing ke kota utama.

Baca Juga: China Jadi Tujuan Ekspor Batubara Paling Besar Indo Tambangraya (ITMG)

Beijing telah memindahkan beberapa universitas, departemen pemerintah, dan perusahaan industrinya ke Xiongan, yang ditugaskan untuk menjalankan beberapa fungsi "non-modal" Beijing.




TERBARU

[X]
×