kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Bergegas Memasang Tempat Tidur Tambahan di Rumah Sakit Karena Lonjakan COVID


Selasa, 20 Desember 2022 / 14:03 WIB
China Bergegas Memasang Tempat Tidur Tambahan di Rumah Sakit Karena Lonjakan COVID
ILUSTRASI. China begegas memasang tempat tidur rumah sakit karena lonjakan COVID memicu kekhawatiran di luar negeri. Noel Celis/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BEIJING/WASHINGTON. Kota-kota di seluruh China bergegas untuk memasang tempat tidur rumah sakit dan membangun klinik pemeriksaan demam pada Selasa ketika Amerika Serikat mengatakan keputusan mengejutkan Beijing untuk membiarkan virus bebas menjadi perhatian dunia.

China bulan ini mulai melonggarkan kebijakan penguncian massal nol-COVID yang ketat setelah protes terhadap pembatasan yang sebagian besar telah menahan virus selama tiga tahun.

Sekarang, ketika virus melanda negara berpenduduk 1,4 miliar orang yang tidak memiliki kekebalan alami yang telah terlindung begitu lama, ada kekhawatiran yang berkembang tentang kemungkinan kematian, mutasi virus, dan dampaknya terhadap ekonomi dan perdagangan.

"Kita tahu kapan pun virus itu menyebar, berada di alam liar, berpotensi bermutasi dan menimbulkan ancaman bagi orang di mana pun," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price, Senin.

Baca Juga: Angka Kematian Covid-19 China Diramal Bisa Mendekati 1 Juta Orang di 2023

Dia menambahkan, bahwa wabah virus di Cina juga menjadi perhatian bagi pertumbuhan global.

Beijing melaporkan lima kematian terkait COVID pada hari Selasa, menyusul dua kematian pada hari Senin, yang merupakan kematian pertama yang dilaporkan dalam beberapa minggu. Secara total, China telah melaporkan hanya 5.242 kematian akibat COVID sejak pandemi muncul di pusat kota Wuhan pada akhir 2019, angka yang sangat rendah menurut standar global.

Tetapi ada keraguan yang meningkat bahwa statistik menangkap dampak penuh dari penyakit yang melanda kota-kota setelah China mencabut pembatasan termasuk sebagian besar pengujian wajib pada 7 Desember.

Sejak itu, beberapa rumah sakit kebanjiran, apotek-apotek kehabisan obat-obatan, sementara banyak orang melakukan isolasi mandiri, mempersulit layanan pengiriman.

Baca Juga: Imbas Pelonggaran Kebijakan Nol Covid China, Infeksi di Beijing Naik, Ekonomi Lesu

"Agak membebani untuk tiba-tiba membuka kembali ketika persediaan obat-obatan tidak cukup siap," kata Zhang, seorang pekerja pengiriman berusia 31 tahun di Beijing yang menolak menyebutkan nama lengkapnya. 

"Tapi saya mendukung pembukaan kembali," tambahnya.

Beberapa ahli kesehatan memperkirakan 60% orang di China dapat terinfeksi dalam beberapa bulan mendatang, dan lebih dari 2 juta orang dapat meninggal.




TERBARU

[X]
×