kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China: Jumlah Pasien COVID Kritis sudah Mencapai Puncak


Sabtu, 21 Januari 2023 / 05:43 WIB
China: Jumlah Pasien COVID Kritis sudah Mencapai Puncak
ILUSTRASI. Jumlah pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan kritis di rumah sakit China telah mencapai puncaknya. . China Daily via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Otoritas kesehatan China menjelaskan pada Kamis (19/1/2023), jumlah pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan kritis di rumah sakit China telah mencapai puncaknya. 

Dijelaskan, saat ini di China, jutaan orang melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk reuni yang telah lama ditunggu-tunggu dengan keluarga dalam rangka perayaan Imlek, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan wabah baru.

Melansir Reuters, saat ini dunia menilai data COVID China lebih rendah dari kondisi yang terjadi sesungguhnya. Apalagi sejak pemerintah China secara tiba-tiba menghentikan kontrol anti-virus bulan lalu yang telah melindungi 1,4 miliar orang China dari penyakit tersebut selama tiga tahun.

Pada Sabtu pekan lalu, China mengatakan, hampir 60.000 orang dengan COVID telah meninggal di rumah sakit antara 8 Desember dan 12 Januari. Angka ini lebih tinggi sekitar sepuluh kali lipat dari pengungkapan sebelumnya.

Baca Juga: Jokowi Beberkan 2 Alasan Mengapa Turis China yang ke Indonesia Tak Perlu Isolasi

Namun, jumlah itu tidak termasuk mereka yang meninggal di rumah. Beberapa dokter di China mengatakan mereka tidak disarankan untuk mencantumkan COVID pada akta kematian.

Sementara itu, menurut perkiraan terbaru dari perusahaan data kesehatan Airfinity yang berbasis di Inggris, pada saat terjadi peningkatan perjalanan selama musim liburan Tahun Baru Imlek yang sibuk, sebanyak 36.000 orang dapat meninggal setiap hari akibat penyakit tersebut. 

Pakar lain memperkirakan, lebih dari 1 juta orang akan meninggal akibat penyakit itu tahun ini.

Tetapi seorang pejabat Komisi Kesehatan Nasional mengatakan pada konferensi pers pada hari Kamis bahwa China telah melewati periode puncak pasien COVID di klinik demam, ruang gawat darurat dan dengan kondisi kritis.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek Dibayangi Gelombang Wabah Covid-19 Baru

Seorang pejabat kesehatan China mengungkapkan, jumlah pasien dengan kondisi kritis di rumah sakit 40% lebih rendah pada 17 Januari dibandingkan dengan puncak yang terlihat pada 5 Januari.

Data baru muncul setelah Presiden Xi Jinping menyatakan keprihatinannya bahwa daerah pedesaan tidak siap menghadapi lonjakan infeksi karena hari libur, yang secara resmi dimulai pada 21 Januari.

Sebelum COVID pertama kali muncul di kota Wuhan di China tengah pada akhir 2019, musim liburan Imlek dikenal sebagai migrasi tahunan terbesar orang di mana pun di planet ini.

"Pencegahan dan pengendalian COVID China masih dalam masa stres, tetapi cahaya ada di depan, kegigihan adalah kemenangan," kata Xi pada hari Rabu dalam pesan liburan yang disiarkan oleh penyiar negara CCTV.

Dia menambahkan, "Saya paling khawatir tentang daerah pedesaan dan petani. Fasilitas medis relatif lemah di daerah pedesaan, sehingga pencegahannya sulit dan tugasnya berat." 

Xi juga menekankan bahwa lansia adalah prioritas utama.

China sejauh ini mengandalkan vaksin dalam negeri untuk memerangi pandemi, menghindari vaksin buatan luar negeri, yang menurut beberapa penelitian lebih efektif, sementara pengobatan asing lainnya untuk COVID-19 sulit didapat di China.

Berdasarkan laporan media dan akun pribadi, obat anti-virus COVID-19 Paxlovid Pfizer tersedia di China tetapi sangat sulit diperoleh melalui saluran resmi. Molnupiravir pengobatan antivirus Merck & Co juga telah disetujui untuk digunakan tetapi belum tersedia secara luas.

Kepala eksekutif Moderna Stephane Bancel mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu bahwa perusahaan AS sedang dalam diskusi aktif untuk memasok vaksin COVID-19 ke China.

Pada pertemuan minggu ini, Administrasi Produk Medis Nasional China berjanji untuk menstabilkan harga obat terkait COVID dan menindak penjualan palsu.




TERBARU

[X]
×