China Kembali Gelar Latihan Militer di Sekitar Taiwan, Respons Kunjungan Kongres AS

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:14 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
China Kembali Gelar Latihan Militer di Sekitar Taiwan, Respons Kunjungan Kongres AS

ILUSTRASI. China kembali menggelar latihan militer di sekitar Taiwan, merespons kunjungan delegasi Kongres AS. Eastern Theatre Command/Handout via REUTERS.


KONTAN.CO.ID - BEIJING. China mengatakan pada Senin (15/8), mereka menggelar latihan militer baru di sekitar Taiwan, dalam apa yang Beijing sebut sebagai "pencegah" terhadap Washington dan Taipei setelah kunjungan delegasi Kongres AS ke pulau itu.

"Pada 15 Agustus, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China menyelenggarakan patroli kesiapan tempur gabungan multi-layanan dan latihan tempur di wilayah laut dan udara di sekitar Taiwan," kata militer China dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channel News Asia.

Sebelumnya, China juga melakukan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan untuk mengungkapkan kemarahannya atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei pada awal Agustus lalu.

Baca Juga: Setelah Nancy Pelosi, AS Kini Kirim 5 Anggota Parlemen Lainnya ke Taiwan

Pada Minggu (14/8), delegasi anggota Kongres AS tiba di Taiwan untuk perjalanan dua hari, di mana mereka akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen, kelompok tingkat tinggi kedua yang mengunjungi Taipe.

Kedutaan Besar AS secara de facto di Taipei mengatakan, delegasi tersebut dipimpin Senator Ed Markey, yang didampingi empat anggota parlemen dalam apa yang digambarkan sebagai bagian dari kunjungan yang lebih besar ke kawasan Indo-Pasifik.

"Terutama pada saat China meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan dan kawasan dengan latihan militer, Markey memimpin delegasi untuk mengunjungi Taiwan, sekali lagi menunjukkan dukungan kuat Kongres AS untuk Taiwan," sebut Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan.

Kantor Kepresidenan Taiwan mengatakan, delegasi Kongres AS bertemu Presiden Tsai pada Senin pagi.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru