kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Luncurkan Jalur Kereta Peluru Lintas Laut Pertama


Jumat, 29 September 2023 / 05:30 WIB
China Luncurkan Jalur Kereta Peluru Lintas Laut Pertama


Sumber: DW.com | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. China meluncurkan jalur kereta api berkecepatan tinggi pertamanya yang terbentang melintasi beberapa teluk di sepanjang pantai provinsi Fujian dekat Selat Taiwan, demikian dilaporkan media pemerintah, Xinhua, pada Kamis (28/09).

Menurut laporan Xinhua, sebuah kereta peluru telah berangkat dari Fuzhou, ibu kota provinsi Fujian di China bagian timur pada Kamis (28/09) pagi, membuka jalur kereta api Fuzhou-Xiamen-Zhangzou sepanjang 277 km itu.

Xinhua dengan mengutip China State Railway Group Co Ltd, perusahaan kereta api negara tersebut, mengatakan bahwa jalur ini adalah jalur cepat lintas laut pertama di China, yang akan digunakan oleh kereta peluru melintasi jembatan dan tiga teluk pesisir dengan kecepatan hingga 350 km per jam.

Baca Juga: Huawei Siapkan Jaringan Komunikasi Terpadu Dukung Operasional KA Cepat Whoosh

Waktu tempuh antara Fuzhou dan Xiamen, pusat ekonomi dan tujuan wisata populer di China, diperkirakan kurang dari satu jam.

Hingga tahun 2022, China telah mengoperasikan 42.000 km jalur kereta api berkecepatan tinggi. 

Sementara, panjang jalur kereta api berkecepatan tinggi yang biasanya beroperasi dengan kecepatan 350 km per jam telah mendekati angka 3.200 km pada Juni 2022.

China baru-baru ini mengumumkan rincian rencananya untuk mengubah Fujian menjadi zona pembangunan terintegrasi dengan Taiwan, yang terletak di seberang provinsi tersebut. 

China berharap proyek ini akan meningkatkan peluang investasi dan mempermudah perjalanan.

Awal pekan ini, China juga telah meluncurkan jalur monorel suspense komersial pertama di Wuhan, inu kota provinsi Hubei.

Monorel yang terbentang sepanjang 10,5 km ini sepenuhnya otomatis dan hanya memerlukan pengoperasian oleh manusia dalam keadaan darurat, lapor China Daily. gtp/yf (Reuters)

Artikel ini telah tayang di DW.com dengan judul "China Luncurkan Jalur Kereta Peluru Lintas Laut Pertama", Klik untuk baca: https://www.dw.com/id/cina-luncurkan-jalur-kereta-peluru-lintas-laut-pertama/a-66947192?maca=ind-VAS_Ind_Kontan_News-35437-xml-media




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×