kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China luncurkan kapal patroli terbesar, siap ditugaskan di Selat Taiwan


Rabu, 10 Februari 2021 / 09:50 WIB
China luncurkan kapal patroli terbesar, siap ditugaskan di Selat Taiwan
ILUSTRASI. Upaca peluncuran kapal patroli China?Haixun 06 pada hari Senin (8/2). Haixun 06 merupakan kapal patroli terbesar yang akan ditugaskan di Selat Taiwan.


Sumber: Global Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WUHAN. China Shipbuilding Industry Corp (CSIC) pada hari Senin (8/2) mengadakan upacara peluncuran kapal patroli baru. Ini merupakan kapal patroli maritim terbesar China yang akan ditugaskan di Selat Taiwan.

Bagi China, Selat Taiwan merupakan area yang memiliki risiko kecelakaan lalu lintas air yang tinggi. Wilayah laut ini menjadi fokus pengawasan Kementerian Transportasi China.

Kehadiran kapal patroli besar di Selat Taiwan ini diyakini dapat membantu China untuk menjaga kedaulatan laut teritorialnya di tengah konflik dengan Taiwan.

Dilansir dari Global Times, kapal patroli terbaru dengan seri Haixun 06 memiliki bobot 5.560 ton. Kapal ini dirancang oleh Institut 701 CSIC yang ada di bawah pengawasan Administrasi Keselamatan Maritim di Provinsi Fujian.

Baca Juga: China kirim helikopter Z-20 buatan dalam negeri ke wilayah perbatasan Xinjiang

Upacara peluncuran digelar di galangan kapal Wuchang Shipbuilding Industry Group Co Ltd yang terletak di kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Kapal patroli tersebut memiliki panjang total 128,6 meter, lebar 16 meter, dan tinggi sekitar 7,9 meter. Dengan bobot ribuan ton, kapal Haixun 06 disebut mampu melesat dengan kecepatan 20 knot.

Soal daya tahan, kapal patroli ini bisa berlayar sejauh 10.000 mil laut dan juga dapat berpatroli di laut selama 60 hari tanpa perbekalan tambahan.

Nantinya Haixun 06 akan digunakan untuk mengatur perairan Selat Taiwan, mencegah polusi, serta menangani insiden maritim yang memang kerap terjadi di kawasan tersebut.

Administrasi Keselamatan Maritim juga menjelaskan bahwa Haixun 06 memiliki peran khusus untuk mengawasi pertukaran lintas selat dan menjaga kedaulatan maritim nasional.

Selanjutnya: Unggul di dataran tinggi, militer China utus tank Type 15 ke perbatasan dengan India




TERBARU

[X]
×