kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Memangkas Waktu Karantina Covid-19 Bagi Pelancong Internasional


Selasa, 28 Juni 2022 / 21:32 WIB
China Memangkas Waktu Karantina Covid-19 Bagi Pelancong Internasional
ILUSTRASI. Warga Shanghai mengantre test Covid-19


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIJING/SHANGHAI. China memutuskan untuk memangkas setengah waktu karantina bagi pelancong yang masuk ke negara Panda itu pada Selasa (28/6).

Pelonggaran besar atas pembatasan Covid-19 yang telah menghalangi perjalanan lintas batas dan mengakibatkan penerbangan internasional tumbuh hanya 2% dari tingkat pra-pandemi.

Komisi Kesehatan Nasional mengumumkan, masa karantina di fasilitas terpusat telah dipotong menjadi tujuh hari dari 14 hari dan pemantauan kesehatan di rumah berikutnya telah dikurangi menjadi tiga hari dari tujuh hari.

Asal tahu, langkah ketat anti-Covid China telah menghancurkan perekonomian, membuat frustrasi bisnis, dan membuat marah jutaan orang yang terperangkap dalam penguncian di kota-kota seperti Shanghai.

Dalam beberapa bulan terakhir, China telah dengan hati-hati melonggarkan pembatasan pada pelancong lintas batas, dengan pejabat kesehatan mengatakan periode inkubasi varian Omicron yang lebih pendek memungkinkan penyesuaian waktu karantina.

Baca Juga: Wall Street Dibuka Naik Setelah China Melonggarkan Syarat Karantina Covid-19

Dan awal bulan ini, regulator penerbangan China mengatakan telah berhubungan dengan beberapa negara untuk terus meningkatkan jumlah penerbangan pada paruh kedua tahun 2022.

Aturan karantina baru ini disambut baik oleh kelompok lobi bisnis Amerika, Inggris, dan Eropa di China.

"Mudah-mudahan ini akan bekerja untuk meningkatkan pertukaran bisnis dan membendung arus keluar bakat internasional, beberapa di antaranya akan berpisah selama tiga tahun dari keluarga dan teman di luar negeri," kata Kamar Dagang Inggris di China kepada Reuters.

Saat menyambut perubahan tersebut, Kamar Dagang Eropa di China memperingatkan bahwa masih harus dilihat apakah semua otoritas lokal akan mengikuti aturan baru yang lebih santai.

Pasar saham naik di Hong Kong dan China daratan, dengan Indeks Hang Seng membalikkan kerugian dan naik 0,9% dan Indeks CSI300 naik 1%. Saham perusahaan pariwisata daratan melonjak lebih dari 5%.

Kasus Covid-19

Beijing dan Shanghai melaporkan pada hari Selasa tidak ada infeksi Covid-19 lokal baru, pertama kalinya kedua kota itu bersih secara bersamaan sejak akhir Februari.

Beban kasus harian mereka turun menjadi satu digit selama seminggu terakhir, memungkinkan Shanghai untuk secara bertahap melanjutkan makan di restoran dan Beijing untuk membuka kembali beberapa tempat rekreasi termasuk Universal Beijing Resort.

Shanghai Disney Resort dari Walt Disney Co mengatakan, akan membuka kembali taman hiburan Disneyland pada 30 Juni setelah tutup selama lebih dari tiga bulan.

Namun, pihak berwenang bersikukuh bahwa apa yang disebut pendekatan dinamis nol Covid-19 pemerintah, kebijakan khas Presiden Xi Jinping yang bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah, tetap berlaku.

Baca Juga: Tokyo Membara, Cetak Rekor Gelombang Panas Bulan Juni Terburuk Sejak 1875

“Beijing akan "berjuang melawan wabah baru pada awal dan dengan kecepatan dan dengan tegas memutuskan saluran transmisi mereka," kata Cai Qi, ketua Partai Komunis Beijing, seperti dikutip dalam sebuah laporan oleh Beijing Daily yang didukung partai.

Sebelumnya pada hari Senin, Beijing Daily tampaknya salah mengutip Cai yang mengatakan kota itu akan mempertahankan upaya pengendalian Covid-nya untuk "lima tahun ke depan".

Surat kabar itu kemudian menghapus referensi tersebut dan ketuanya, Zhao Jingyun, mengatakan itu adalah kesalahan tetapi itu tidak mencegah kecurigaan di kalangan publik.

"Tentu saja itu bukan kesalahan! Ini dimaksudkan untuk mengukur opini publik!" kata seorang pengguna platform media sosial Weibo.

Pengguna Weibo lainnya mengatakan meskipun itu adalah kesalahan, "setidaknya para petinggi sekarang menyadari betapa tidak berdayanya perasaan kita semua dan bagaimana kita membenci kebijakan kontra-epidemi saat ini".




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×