kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

China membatasi peredaran gim online dan gim baru


Sabtu, 01 September 2018 / 07:41 WIB
China membatasi peredaran gim online dan gim baru
ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan anak bermain game ponsel

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Nilai pasar Tencent Holdings merosot sebesar US$ 20 miliar pada Jumat (31/8) setelah China melakukan tindakan keras pada gim online. Pemerintah China menyebutkan meningkatnya tingkat miopia alias rabun jauh akibat mudahnya peredaran gim online. Hal ini meningkatkan risiko adanya perubahan peraturan yang bisa berdampak ke perusahaan di pasar gim terbesar di dunia.

Kementerian Pendidikan China, dalam pemberitahuan Kamis malam seperti dikutip Reuters mengarahkan regulator penerbitan untuk membatasi jumlah video gim online baru. Tak hanya itu, regulator China akan mengambil langkah membatasi waktu anak muda bermain gim dan menjelajahi sistem sesuai usia pemain.


Peraturan China ini akan masuk dalam dokumen yang diterbitkan di situs web kementerian yang menguraikan bagaimana China harus menanggapi tingkat miopia yang semakin banyak. Bahkan rabun dekat, di kalangan anak muda. Permasalahan terbesar karena penyebaran ponsel dan perangkat elektronik lain.

Pengekangan ini adalah tantangan terbaru bagi Tencent, perusahaan gim dan media sosial terbesar di China. Awal bulan ini, rencana gim baru Tencent dibekukan.

Tencent yang memiliki nilai pasar sekitar HK$ 3,25 triliun setara dengan US$ 414,12 miliar turun sebanyak 5,3%. Saham Tencent memimpin penurunan di saham perusahaan video gim China. Benchmark Indeks Hang Seng turun hampir 1%.

Tencent telah kehilangan nilai pasar sebesar US$ 164 miliar dari puncaknya pada Januari, terutama saat ketidakpastian peraturan. Apalagi, sekarang harus mengikuti saingan berat Alibaba Group untuk menjadi perusahaan terbesar kedua di Asia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Penurunan US$ 164 miliar lebih besar dari nilai pasar Netflix saat ini sebesar US$ 162 miliar. Tencent tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk konfirmasi.

Tindakan peraturan Beijing yang kadang tiba-tiba dan serampangan telah mengaburkan pandangan untuk mobile gim. Pada Juli 2017, Tencent mengumumkan rencana membatasi waktu bermain bagi beberapa pengguna muda dari permainan peran fantasinya, Honour of Kings. Ini menanggapi keluhan anak-anak semakin kecanduan mobile.

Batasannya datang dalam waktu yang sama ketika Tencent mendapatkan pengawasan dari juru bicara partai komunis China. Sebab produk gim online Tencent, Honour of King sebagai racun dan menyerukan kontrol regulasi yang lebih ketat dari gim online.

Dokumen yang diterbitkan di Departemen Pendidikan pada Kamis (30/8) menyebutkan, tingkat miopia tinggi sampai beratnya beban studi penyebabnya karena penyebaran ponsel dan perangkat elektronik yang terlampau mudah. Sehingga anak muda kurang kegiatan di luar dan berolahraga.

 


Tag

TERBARU

[X]
×