kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Memimpin Persaingan Global Bidang Teknologi dan Penelitian


Jumat, 03 Maret 2023 / 16:14 WIB
China Memimpin Persaingan Global Bidang Teknologi dan Penelitian
ILUSTRASI. China selangkah lebih maju dari Amerika Serikat (AS) dalam persaingan global soal teknologi baru yang tengah berkembang saat ini.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. China selangkah lebih maju dari Amerika Serikat (AS) dalam persaingan global soal teknologi baru yang tengah berkembang saat ini. China disebut memiliki "keunggulan yang menakjubkan" dalam 37 teknologi dari 44 teknologi penting saat ini.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (3/3), Australian Strategic Policy Institute (ASPI) menyebutkan dalam studinya bahwa dalam beberapa bidang penelitian, 10 lembaga penelitian teratas dunia berada di China. Artinya, China menjadi negara termaju dalam urusan penelitian.

Studi yang didanai Departemen Luar Negeri AS ini menemukan, AS sering berada di peringkat kedua. AS lebih sering memimpin penelitian global dalam bidang komputasi berkinerja tinggi, komputasi kuantum, satelit kecil, dan vaksin.

"Negara-negara demokrasi barat kalah dalam persaingan teknologi global, termasuk perlombaan untuk terobosan ilmiah dan penelitian," tulis laporan itu.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Pangan, Kim Jong Un Perintahkan Perluasan Lahan Pertanian

Reuters menyebut Cina telah membangun "keunggulan yang menakjubkan dalam penelitian berdampak tinggi" di bawah program-program pemerintah.

Laporan tersebut menyerukan agar negara-negara demokratis berkolaborasi lebih sering untuk menciptakan rantai pasokan yang aman dan dengan cepat negara-negara tersebut mengejar teknologi yang strategis.

ASPI melacak makalah ilmiah yang paling banyak dikutip, yang menurut mereka paling mungkin menghasilkan paten. Terobosan mengejutkan Tiongkok dalam rudal hipersonik pada tahun 2021 akan dapat diidentifikasi lebih awal jika penelitian kuat Tiongkok terdeteksi.

"Selama lima tahun terakhir, Tiongkok menghasilkan 48,49% makalah penelitian berdampak tinggi di dunia dalam bidang mesin pesawat terbang canggih, termasuk hipersonik, dan Tiongkok menjadi tuan rumah bagi tujuh dari 10 lembaga penelitian teratas di dunia," ungkap laporan itu.

Di bidang sensor fotonik dan komunikasi kuantum, kekuatan penelitian Tiongkok dapat membuatnya "menjadi gelap" terhadap pengawasan intelijen barat, termasuk "Five Eyes" dari Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Sementara itu, China kemungkinan akan muncul dengan monopoli di 10 bidang termasuk biologi sintetis, yang menghasilkan sepertiga dari semua penelitian, serta baterai listrik, 5G, dan manufaktur nano.

Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, sebuah badan penelitian pelat merah China, menduduki peringkat pertama atau kedua di sebagian besar dari 44 teknologi yang dilacak, yang mencakup pertahanan, ruang angkasa, robotika, energi, lingkungan, bioteknologi, kecerdasan buatan (AI), material canggih, dan teknologi kuantum.

Tiongkok memperkuat penelitiannya dengan pengetahuan yang diperoleh di luar negeri dan data menunjukkan seperlima dari para peneliti top Tiongkok dilatih di negara Five Eyes atau Amerika Serikat, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris.

Adapun, universitas-universitas di Australia mengatakan bahwa mereka mematuhi undang-undang pengaruh asing yang dirancang untuk menghentikan transfer teknologi ilegal ke Cina, tetapi juga mencatat bahwa kolaborasi internasional merupakan bagian integral dari penelitian universitas.

Baca Juga: China dan Belarusia Kompak Dukung Perdamaian di Ukraina




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×