kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China perketat pasokan, pengemudi di Korea Selatan panik membeli urea


Jumat, 05 November 2021 / 16:15 WIB
China perketat pasokan, pengemudi di Korea Selatan panik membeli urea
ILUSTRASI. Ilustrasi kendaraan di Korea Selatan.Sumber foto : m.rmol.co


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pengemudi Korea Selatan panik membeli urea, aditif yang digunakan dalam kendaraan diesel untuk mengurangi emisi, setelah China memperketat ekspor. Hal ini mendorong kantor presiden untuk membentuk gugus tugas pada Jumat untuk menegosiasikan pasokan dari negara-negara produsen seperti China.

Mengutip Reuters, Jumat (5/11), data pemerintah menunjukkan, mobil diesel mewakili 40% dari kendaraan bermotor terdaftar di Korea Selatan pada Agustus, setelah Korea Selatan pada tahun 2015 mewajibkan mobil diesel untuk menggunakan solusi urea untuk mengendalikan emisi.

Korea Selatan sangat bergantung pada China untuk urea. Sekitar 97% impor berasal dari China antara Januari dan September, menurut kementerian perdagangan, naik sekitar 8% dari tahun lalu.

Pengumuman bea cukai China bulan lalu tentang sertifikat inspeksi untuk mengirimkan pupuk dan bahan terkait seperti urea, sejenis nitrogen yang terutama digunakan sebagai pupuk di pertanian, dianggap larangan de facto pada ekspor untuk memastikan pasokan di pasar domestiknya.

Harga urea industri di Korea Selatan melonjak lebih dari 80% menjadi $483 per ton pada September dari Oktober 2020, kata kementerian perdagangan.

Baca Juga: Korea Selatan mulai hidup dengan COVID-19, lonjakan kasus mengintai

Satu barel larutan urea yang dulunya berharga 10.000 won ($8,45) per 10 liter sekarang diperdagangkan sebanyak 120.000 won di pasar barang bekas online, kata laporan media lokal.

Pengemudi Korea Selatan yang putus asa mencari solusi urea, juga dikenal sebagai minyak buang diesel, berbagi lokasi pompa bensin yang masih memiliki persediaan, sementara mereka yang telah menimbun lebih dulu menjual dengan harga tinggi.

Penyiar lokal menampilkan SPBU yang memasang tanda bertuliskan "Solusi Urea SOLD OUT".

“Saya tidak bisa keluar dengan SUV saya... piknik bisa dibatalkan, tidak apa-apa. Tapi bagaimana jika truk kontainer, mobil pemadam kebakaran, ambulans harus berhenti?” seorang pedagang diesel mengatakan kepada Reuters.

“Untuk SUV saya, saya dapat mengisi 15-20 liter aditif dalam satu kali pengisian dan dapat berlari 3.000-5.000 kilometer. Tapi kendaraan berat mengkonsumsi lebih banyak,” katanya.

Ia menambahkan ini bisa berarti masalah yang lebih besar di sektor truk berat. “Itu bisa mengurangi konsumsi solar secara nasional, jika situasinya memburuk.”

Park Soo-hyun, sekretaris pers kepresidenan dalam sebuah pernyataan mengatakan, Kantor kepresidenan Korea Selatan pada hari Jumat membentuk satuan tugas untuk memastikan pasokan urea yang memadai dan memulai konsultasi diplomatik dengan negara-negara produsen seperti China. 

Diversifikasi pasokan tidak akan mudah karena Korea Selatan telah menjadi terlalu bergantung pada China, seorang pejabat di pemasok utama urea Korea Selatan mengatakan kepada Reuters.

“Kami telah menandatangani kontrak dengan Rusia pada bulan Oktober dan itu baru akan tiba pada bulan Januari. Sekali lagi mereka hanya sekitar 10% dari apa yang biasa kami dapatkan dari China,” kata pejabat itu. Persediaan kemungkinan akan habis setelah November, tambahnya. ($ 1 = 1.184.0900 won).

Selanjutnya: Sayonara batubara, 190 negara dan organisasi sepakat tinggalkan bahan bakar fosil ini




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×