kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Tawarkan Reunifikasi Damai kepada Taiwan, Ini Tanggapan Taipei


Senin, 06 Maret 2023 / 06:10 WIB
China Tawarkan Reunifikasi Damai kepada Taiwan, Ini Tanggapan Taipei


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING/TAIPEI. Pada Minggu (5/3/2023), Perdana Menteri China Li Keqiang menjanjikan "penyatuan kembali secara damai" dengan Taiwan. Dia juga menegaskan China akan mengambil langkah tegas untuk menentang kemerdekaan Taiwan.

Menanggapi hal tersebut, Taipei mengatakan bahwa Beijing harus menghormati komitmen rakyat Taiwan terhadap demokrasi dan kebebasan.

Mengutip Reuters, China -yang mengklaim Taiwan yang demokratis sebagai wilayahnya sendiri- telah meningkatkan aktivitas militernya di dekat pulau itu selama tiga tahun terakhir, menanggapi apa yang disebutnya "kolusi" antara Taipei dan Washington, pendukung dan pemasok senjata internasional utama Taiwan.

Pada bulan Agustus, China mengadakan latihan perang di sekitar Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan ke Taipei oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Berbicara pada pembukaan pertemuan tahunan parlemen China, Li mengatakan Beijing berdiri dengan prinsip "satu China", yang menyatakan bahwa Taiwan adalah bagian dari China, meski tidak secara langsung mengancam aksi militer.

Baca Juga: China Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Moderat Sebesar 5% Pada Tahun 2023

"Pemerintah harus menerapkan kebijakan partai kami untuk menyelesaikan masalah Taiwan dan mengambil langkah tegas untuk menentang kemerdekaan Taiwan dan mempromosikan reunifikasi," katanya kepada sekitar 3.000 delegasi di Balai Besar Rakyat Beijing.

Dia menambahkan, "Kita harus mempromosikan pembangunan damai hubungan lintas-Selat dan memajukan proses reunifikasi damai Tiongkok."

Sebagian besar masyarakat Taiwan tidak menunjukkan minat untuk diperintah oleh China yang otokratis, yang tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk menguasai pulau itu.

Li, dalam komentar terpisah tentang pertahanan, mengatakan angkatan bersenjata harus meningkatkan kesiapan tempur, meski tidak menyebut Taiwan dalam konteks itu.

Dewan Urusan Daratan Taiwan yang membuat kebijakan China menanggapi apa yang disebutnya "penegasan kembali" kebijakan China di Taiwan dengan mengatakan Beijing harus menghadapi kenyataan bahwa kedua sisi Selat Taiwan "tidak bisa menguasai satu sama lain".

Baca Juga: China Kirim 25 Pesawat Tempur dan 3 Kapal ke Zona Pertahanan, Taiwan Kerahkan Jet

"China harus menghormati komitmen rakyat Taiwan terhadap konsep inti berpegang teguh pada kedaulatan, demokrasi, dan kebebasan Republik China," katanya, menggunakan nama resmi Taiwan.

China harus menangani urusan lintas selat secara pragmatis dengan cara yang rasional, setara, dan saling menghormati, sehingga menciptakan kondisi untuk interaksi yang sehat, tambahnya.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan China, yang telah ditolak karena Beijing percaya dia adalah seorang separatis.

Pemerintah Taiwan sangat menentang klaim kedaulatan Beijing, dan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depan mereka.

Taiwan mengadakan pemilihan presiden dan parlemen pada awal 2024 dan ketegangan dengan China kemungkinan besar akan mendominasi kampanye.




TERBARU

[X]
×