kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Curi perhatian, Kim Jong Un tampil di karpet merah dengan setelan jas dan sandal


Rabu, 13 Oktober 2021 / 05:10 WIB
Curi perhatian, Kim Jong Un tampil di karpet merah dengan setelan jas dan sandal


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Kim Jong Un menarik perhatian pengamat internasional selama melakukan pidato yang menandai pendirian partai berkuasa Korea Utara pada Minggu (10/10/2021). Akan tetapi, perhatian yang ditujukan kepada pemimpin Korea Utara itu bukan karena isi pidato, melainkan alas kaki yang dikenakannya. 

Mengutip Reuters yang melansir video yang disiarkan oleh media pemerintah pada hari Senin, Kim Jong Un berjalan di atas karpet merah aula mewah mengenakan apa yang tampak seperti sandal hitam mengkilap dengan kaus kaki hitam, untuk melengkapi setelan gelapnya, dasi merah anggur, dan kacamata.

Colin Zwirko, koresponden analitik senior untuk NK News yang berbasis di Seoul, melihat alas kaki itu. Dia mengatakan tidak jelas mengapa Kim memutuskan untuk memakai sandal itu, atau apakah dia pernah memakainya sebelumnya.

Zwirko mengatakan, apa pun alasannya, Kim tampaknya mengambil langkah akhir-akhir ini untuk melindungi kesehatan dan kenyamanannya.

Baca Juga: Kim Jong Un: Kami tidak bahas perang dengan siapa pun, tapi untuk mencegah perang

"Dia kehilangan berat badan yang signifikan dalam waktu singkat di bulan Mei dan pada bulan September dia terlihat berdiri di atas tikar empuk selama pidato panjang, yang tidak biasa," kata Zwirko. 

"Tampaknya dia ekstra hati-hati dengan COVID dan mungkin berurusan dengan masalah kesehatan yang sedang berlangsung," tambahnya.

Pilihan pakaian Kim sering diteliti dengan cermat oleh analis internasional yang mencari petunjuk tentang kesehatannya. Padahal hal tersebut merupakan rahasia yang dijaga ketat di Utara.

Baca Juga: Kim Jong Un: Pengembangan senjata Korea Utara untuk hadapi AS

Ketika Kim muncul kembali di media pemerintah pada awal Juni setelah tidak terlihat di depan umum selama hampir sebulan, para analis mencatat bahwa arlojinya tampaknya diikat lebih erat daripada sebelumnya di sekitar pe.rgelangan tangan yang tampaknya lebih ramping.

Hal itu memicu spekulasi mengenai kesehatan Kim Jong Un.

Media pemerintah kemudian jarang menyebutkan kesehatan pemimpin itu, Seorang penduduk Pyongyang yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, bahwa semua orang di Korea Utara patah hati setelah melihat gambar Kim yang tampak "kurus".

Dalam pidatonya pada hari Minggu, Kim fokus pada isu-isu partai dan mendesak para pejabat untuk fokus pada peningkatan kehidupan warga dalam menghadapi situasi ekonomi yang "suram".

Selanjutnya: Hadapi situasi suram, Kim Jong Un serukan persatuan dalam pengembangan ekonomi negara




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×