kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daerah di Arab Saudi ini turun salju, ada yang merayakan, ada yang iri


Jumat, 19 Februari 2021 / 11:43 WIB
Daerah di Arab Saudi ini turun salju, ada yang merayakan, ada yang iri
ILUSTRASI. Pegunungan Tabuk di Arab Saudi tampak tertutup salju pada Kamis (18/2/2021) pagi, setelah suhu turun drastis semalaman.


Sumber: Arab News | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JEDDAH. Pegunungan Tabuk di Arab Saudi tampak tertutup salju pada Kamis (18/2/2021) pagi, setelah suhu turun drastis semalaman. 

Sejumlah video tentang badai salju, orang-orang yang merayakan hujan salju, serta unta yang tertutup salju beredar luas di media sosial.

Melansir Arab News, ada komentar heboh dari warga Tabuk, sementara warga di daerah lain terlihat iri karena salju menutupi puncak gunung Alan, Jabal Al-Lawz dan Ad-Daher.

Seorang pengguna Twitter menulis: “Sungguh pemandangan yang menakjubkan, seperti sesuatu yang keluar dari Eropa. Saya tidak yakin itu ada di sini."

Seorang pengguna Twitter lainnya, Mohammed Al-Salem, mengungkapkan kesedihannya karena tidak dapat menikmati puncak gunung bersalju. “Oh, hatiku. Tabuk memenangkan penghargaan kota terbaik di musim dingin. Saya rindu mengalami cuaca seperti itu."

Baca Juga: Berbeda dengan Trump, Biden enggan berdiplomasi dengan Mohammed bin Salman

Sama Al-Kuwait menulis: “Keindahan yang luar biasa di tengah musim dingin. Kami sering pergi terlalu jauh untuk mencari salju, padahal salju sudah dekat dengan rumah di Tabuk. Saya pasti akan berkunjung setelah pandemi."

Setiap tahun, hujan salju membawa turis dari seluruh Kerajaan Arab Saudi ke Tabuk. Karena ada  pandemi Covid-19, jumlah pengunjung dipastikan lebih sedikit dari biasanya tahun ini. Namun, melansir Al -Arabiya, beberapa orang masih berkendara jauh-jauh dari Uni Emirat Arab untuk mengabadikan salju dengan kameranya. 

Sebagian warga lainnya menggunakan media sosial untuk mendidik masyarakat tentang cuaca di berbagai wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Juru bicara Kedutaan Besar Kerajaan di Washington, Fahad Nazer, menulis: “Tidak ada yang menyangkal perubahan iklim, tetapi juga tidak jarang di wilayah ini - Tabuk, di barat laut Arab Saudi - mengalami salju. Berlawanan dengan persepsi populer, tidak setiap wilayah di Kerajaan hangat sepanjang tahun."

Baca Juga: Meski belum ada kepastian dari Arab Saudi, biaya haji 2021 tetap disiapkan

Pakar meteorologi mengatakan suhu di ujung utara Kerajaan diperkirakan akan turun lebih jauh dalam waktu dekat. Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di seluruh Arab Saudi, termasuk Riyadh, Makkah, Madinah, Provinsi Timur, Qassim, Salam, Tabuk, wilayah Perbatasan Utara, Al-Baha, Asir, Jazan, Jawf dan Najran.

Selanjutnya: AS & Arab Saudi gelar latihan militer gabungan, fokus untuk memerangi drone musuh




TERBARU

[X]
×