Dampak Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Tangguhkan Impor Buah-Ikan dan Ekspor Pasir

Rabu, 03 Agustus 2022 | 09:39 WIB Sumber: Reuters
 Dampak Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Tangguhkan Impor Buah-Ikan dan Ekspor Pasir

ILUSTRASI. Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan di kecam China


KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan membuat China geram. Tak tinggal diam, China pun mulai melakukan menghentikan sejumlah perdagangan dengan Taiwan.

Rabu (3/8), Kementerian Perdagangan China melaporkan telah menangguhkan ekspor pasar ke Taiwan.

Selain itu, China juga mengumumkan menangguhkan impor buah dan sejumlah produk perikanan dari Taiwan. Impor buah yang dihentikan berupa, jeruk, ikan hingga makarel beku mulai hari ini.

Mengutip Reuters, selain dari sisi perdagangan, pemerintah China juga melarang perusahaan hingga warga negara China untuk bekerjasama secara finansial dengan dua yayasan Taiwan.

Baca Juga: Nancy Pelosi ke Taiwan, China Bakal Lakukan Tindakan Militer yang Ditargetkan

Juru Bicara Kantor Urusan China Taiwan Ma Xiaoguang bilang, dua yayasan yang mendapat tindakan disipliner tersebut adalah Taiwan Foundation for Democracy dan Taiwan International Cooperation and Development Fund.

Keputusan China terhadap Taiwan ini merupakan dampak dari kunjungan Pelosi. Seperti diketahui, Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa (2/8) malam.

Kunjungan tersebut langsung mendapat kecaman dari China. Terlebih ini adalah kunjungan tingkat tinggi dari pemerintah AS ke Taiwan dalam 25 tahun terakhir.

 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru