kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,64   -18,87   -2.02%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari bisnis mainan meluas ke properti, pendidikan dan ritel (2)


Jumat, 16 Agustus 2019 / 10:50 WIB
Dari bisnis mainan meluas ke properti, pendidikan dan ritel (2)


Reporter: Harian Kontan | Editor: Tri Adi

Nama Francis Choi Chee-ming kini menghiasi daftar miliarder dunia. dari bisnis mainan. Menurut Forbes, Pria kelahiran tahun 1945 ini menduduki peringkat ke-233 di dunia.

Choi berhasil mengembangkan Early Light International (Holdings) Ltd yang awalnya hanya perusahaan mainan kecil di Hong Kong kini berkembang menjadi perusahaan multinasional dengan beragam portofolio bisnis.

Kesuksesan itu tidak diperoleh dengan mudah. Choi muda memilih hijrah dari Guangdong China ke Hong Kong demi memperbaiki hidup. Dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan, Choi menggantungkan hidup dari menjual mainan anak-anak. Ini merupakan bisnis skala rumahan yang melibatkan para ibu rumah tangga di sebrang kota Kowloon, Hong Kong.

Para ibu rumah tangga itu tidak punya keahlian membuat mainan. Dengan sabar, Choi menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengajarkan mereka di tempat tinggal yang sempit yang penuh dengan rajutan gambar Snoopy. Bahkan dia harus pergi dari satu lantai ke lantai di menara yang tinggi untuk mengumpulkan hasil mainan pada hari yang sama dan membayar mereka dengan setengah harga.

Berkat kegigihannya, dalam lima tahun bisnisnya telah berkembang pesat. Pada tahun 1972, Early Light Industrial secara resmi di Hong Kong sebagai tercatat produsen mainan. Pabrik pertama terletak di kawasan industri Kwun Tong. Menyusul tahun 1984, Choi mendirikan pabrik Xinnn di Shenzhen dengan total 500 karyawan.

Bisnis Choi kian maju. Beberapa tahun kemudian, pabrik Xinnn diperluas menjadi 5.000 karyawan serta mendirikan pabrikan lainnya, seperti pabrik Woha di Shenzen dengan kapasitas 10.000 karyawan. Mainan yang diproduksi juga berkembang mulai dari produk teknologi, mainan anak-anak, robot inovatif dan produk kesehatan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×