kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,79   -11,72   -1.25%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Darurat Covid-19, warga India meminta pertolongan untuk dirawat melalui Twitter


Selasa, 20 April 2021 / 16:09 WIB
Darurat Covid-19, warga India meminta pertolongan untuk dirawat melalui Twitter
ILUSTRASI. Corona di India. REUTERS/Francis Mascarenhas


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. India melaporkan 1.761 kematian akibat COVID-19 dalam semalam, korban harian tertinggi, sebagian besar negara itu sekarang dikunci, ketika negara itu memerangi gelombang kedua yang membuat orang berjuang untuk memperoleh tempat tidur rumah sakit, oksigen, dan obat-obatan.

Negara terpadat kedua di dunia sedang bergulat dengan keadaan darurat kesehatan publik terbesarnya setelah menurunkan kewaspadaannya ketika infeksi virus corona turun ke titik terendah dalam beberapa bulan pada bulan Februari, kata para ahli dan pejabat kesehatan.

Pada hari Selasa, kementerian kesehatan melaporkan 259.170 infeksi baru, tingkat harian tertinggi di dunia. Ini telah melaporkan infeksi harian di atas 200.000 selama enam hari. Total kasus virus corona di India saat ini mencapai 15,32 juta, nomor dua setelah Amerika Serikat.

Baca Juga: Kasus melonjak, India akan izinkan vaksin Covid-19 untuk semua orang dewasa

Delhi, ibu kota yang mengalami lonjakan kasus, memulai penguncian enam hari pada Senin malam dengan harapan akan memperlambat penularan virus dan mengurangi tekanan pada infrastruktur kesehatan.

Orang-orang di Delhi dan di kota Uttar Pradesh, negara bagian terpadat di India, meminta bantuan melalui Twitter, meminta bantuan untuk membawa keluarga mereka ke rumah sakit. Yang lain melaporkan sangat kekurangan oksigen dan obat anti-virus Remdesivir.

"(A) tragedi monumental dengan proporsi epik sedang berlangsung di seluruh India. Tidak ada tempat tidur rumah sakit, tidak ada oksigen, tidak ada vaksinasi," kata Manish Tewari, anggota parlemen oposisi, di Twitter.

India telah kehilangan 180.530 orang karena penyakit tersebut, masih cukup jauh dari 567.538 kematian yang dilaporkan di Amerika Serikat. Tetapi para ahli telah memperingatkan bahwa jumlah kematian resmi tidak mencerminkan kenyataan di lapangan dan angka itu bisa meningkat tajam karena para dokter berjuang untuk mengatasi tekanan tersebut.

Selanjutnya: Ibu Kota India lockdown selama seminggu, bendung lonjakan kasus virus corona




TERBARU

[X]
×