kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks Harga Konsumen AS Meningkat, The Fed Diprediksi Tunda Penurunan Suku Bunga


Rabu, 10 April 2024 / 21:51 WIB
Indeks Harga Konsumen AS Meningkat, The Fed Diprediksi Tunda Penurunan Suku Bunga
ILUSTRASI. Seorang pedagang mengamati Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di layar selama konferensi pers.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Harga konsumen pada bulan Maret di Amerika Serikat (AS) naik lebih dari perkiraan, karena masyarakat membayar lebih mahal untuk bensin dan sewa perumahan. Kenaikan ini membuat pasar keuangan berspekulasi bahwa Federal Reserve akan menunda penurunan suku bunga hingga September.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan kenaikan harga konsumen yang kuat selama tiga bulan berturut-turut pada hari Rabu, mengikuti berita minggu sebelumnya tentang pertumbuhan lapangan kerja yang meningkat pada bulan Maret, dengan tingkat pengangguran turun menjadi 3,8% dari 3,9% pada bulan Februari. 

Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, telah menyatakan bahwa bank sentral AS tidak terburu-buru untuk mulai menurunkan biaya pinjaman.

Baca Juga: Harga Konsumen AS Naik Lebih Tinggi dari Perkiraan pada Bulan Maret 2024

Kenaikan biaya hidup ini menjadi perhatian besar menjelang pemilihan presiden AS pada 5 November. 

Phillip Neuhart, direktur riset pasar dan ekonomi di First Citizens, menyatakan bahwa data tersebut tidak sepenuhnya menghilangkan kemungkinan tindakan dari Federal Reserve tahun ini, namun secara jelas mengurangi kemungkinan penurunan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Indeks harga konsumen naik sebesar 0,4% pada bulan lalu, mengikuti kenaikan yang sama pada bulan Februari, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja. 

Harga bensin naik 1,7% setelah kenaikan sebesar 3,8% pada bulan Februari, sementara biaya tempat tinggal termasuk sewa naik 0,4%, mengikuti kenaikan yang sama pada bulan Februari.

Baca Juga: Stabil, Harga Minyak Brent Berada di Atas US$ 90 Per Barel

Kenaikan harga bensin dan tempat tinggal merupakan faktor utama dari kenaikan Indeks Harga Konsumen (CPI). Meskipun harga pangan naik 0,1%, inflasi bahan makanan tetap stabil meskipun terjadi penurunan harga mentega, sereal, dan produk roti, yang mencatat penurunan bulanan terbesar sejak tahun 1989. 

Namun, harga daging dan telur mengalami kenaikan, sementara ada sedikit kenaikan pada harga buah-buahan dan sayuran.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×