kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,39   11,11   1.29%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Data Pengangguran AS Secara Mingguan Sedikit Turun, Lebih Baik dari Perkiraan Awal


Jumat, 09 Februari 2024 / 02:24 WIB
Data Pengangguran AS Secara Mingguan Sedikit Turun, Lebih Baik dari Perkiraan Awal
ILUSTRASI. Elvia Garcia mencium putranya yang berusia dua tahun, Joshua, selagi mereka menunggu bersama ratusan penduduk lainnya untuk mengambil bahan makanan gratis dari pantry makanan yang dikelola oleh La Colaborativa di Chelsea, Massachusetts, AS, Rabu (20/4/2022). REUTERS/Brian Snyder


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON - Jumlah warga Amerika yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran baru mengalami penurunan. 

Penurunan ini sedikit lebih banyak dari perkiraan minggu lalu, yang menunjukkan kekuatan pasar tenaga kerja yang mendasar meskipun lonjakan baru-baru ini dalam pemutusan hubungan kerja yang diumumkan, terutama di industri teknologi.

Laporan dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis (8/2) juga menunjukkan jumlah orang yang menganggur sedikit berkurang pada akhir Januari setelah melonjak menjadi tertinggi dalam dua bulan sebelumnya. 

Perbaikan pasar tenaga kerja AS ini mendukung ekonomi dan pembacaan klaim terbaru menunjukkan bahwa momentum ekonomi yang kuat dari kuartal keempat berlanjut ke tahun baru.

Baca Juga: Harga Emas Berpotensi Terus Turun Jika Data Inflasi AS Dorong Kenaikan Suku Bunga

"Pesan dasar dari laporan hari ini bukan hanya tidak ada cukup kehilangan pekerjaan yang menunjukkan resesi, tetapi tidak ada kehilangan pekerjaan yang signifikan sama sekali," kata Christopher Rupkey, kepala ekonom di FWDBONDS di New York.

"Pemutusan hubungan kerja dan pemotongan biaya yang dibicarakan dalam laporan laba perusahaan banyak perusahaan tidak terlihat dalam statistik klaim pengangguran mingguan."

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara turun 9.000 menjadi 218.000 yang disesuaikan musiman untuk minggu yang berakhir pada 3 Februari. 

Penurunan tersebut membalikkan sebagian besar kenaikan minggu sebelumnya, yang telah meningkatkan klaim menjadi sedikit di atas tertinggi dalam dua bulan.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan 220.000 klaim untuk minggu terbaru. Klaim hampir tidak berubah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Baca Juga: Data PMI AS Naik, Harga Emas Spot Berpotensi Turun

Klaim yang tidak disesuaikan turun 31.192 menjadi 232.727 minggu lalu di tengah penurunan tajam dalam pengajuan di California, Ohio, Oregon, New York, dan Pennsylvania. Penurunan dalam klaim ini sebagian besar mengurangi lonjakan dalam minggu yang berakhir pada 27 Januari.

Aplikasi di Oregon telah melonjak pada minggu sebelumnya, yang diatribusikan pada pemutusan hubungan kerja di industri konstruksi dan perawatan kesehatan dan bantuan sosial. 

Lonjakan di New York disalahkan pada pemutusan hubungan kerja di industri transportasi dan gudang, konstruksi, serta perawatan kesehatan dan bantuan sosial.

Telah terjadi sejumlah pemutusan hubungan kerja yang direncanakan secara menonjol, banyak di antaranya di industri teknologi dan media.

Tetapi para pengusaha umumnya waspada untuk mengirim pekerja pulang setelah mengalami kesulitan menemukan tenaga kerja selama dan setelah pandemi COVID-19. 

Para ekonom juga menunjuk pada peningkatan produktivitas tenaga kerja, ditandai dengan pertumbuhan melebihi laju tahunan 3% selama tiga kuartal berturut-turut, dan penurunan biaya tenaga kerja sebagai faktor lain yang mendorong perusahaan untuk mempertahankan tenaga kerjanya.

Baca Juga: Harga Emas Turun 1,5% Sepekan, Pasar Menyoroti Data Upah AS

Pemerintah melaporkan minggu lalu bahwa jumlah tenaga kerja nonpertanian meningkat sebanyak 353.000 pekerja pada bulan Januari. Tingkat pengangguran tetap tidak berubah pada 3,7%. 

Kekuatan pasar tenaga kerja yang berkelanjutan telah memaksa pasar keuangan untuk menurunkan ekspektasi kenaikan suku bunga pertama dari Federal Reserve menjadi Mei dari Maret.

Pejabat bank sentral AS menunjukkan pada hari Rabu bahwa mereka tidak terburu-buru menurunkan biaya pinjaman sampai mereka yakin inflasi menuju target 2% dari Fed. Sejak Maret 2022, Fed telah menaikkan tingkat kebijakannya sebesar 525 basis poin menjadi kisaran 5,25% hingga 5,50% saat ini.

Jumlah orang yang menerima manfaat setelah minggu awal bantuan, sebuah proksi untuk perekrutan, berkurang 23.000 menjadi 1,871 juta selama minggu yang berakhir pada 27 Januari, laporan klaim tersebut menunjukkan.




TERBARU

[X]
×