kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,50   20,44   2.31%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.82%
  • RD.CAMPURAN -0.92%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Dekati perbatasan, jet tempur Rusia cegat dua pembom strategis AS


Kamis, 17 September 2020 / 16:12 WIB
Dekati perbatasan, jet tempur Rusia cegat dua pembom strategis AS
ILUSTRASI. Jet tempur Sukhoi Su-35 dari tim aerobatik Ksatria Rusia tampil selama forum teknis militer internasional Army-2020 di Pangkalan Udara Kubinka di Wilayah Moskow, 25 Agustus 2020.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, sebuah jet tempur Rusia pada Kamis (17/9) mencegat dua pembom strategis Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di atas Laut Bering.

Mengutip Sputniknews.com, awak jet tempur Rusia mengidentifikasi target udara sebagai dua pembom strategis B1-B Angkatan Udara AS dan mengawal mereka, serta berhasil mencegah pelanggaran perbatasan.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pesawat militer AS dan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) telah meningkatkan aktivitas pengintaian di dekat perbatasan Rusia selama sebulan terakhir. 

Moskow telah memperingatkan, penerbangan pesawat militer AS dan NATO di dekat perbatasan Rusia menimbulkan risiko eskalasi yang tidak disengaja.

Sebelumnya, tiga jet tempur Sukhoi Su-27 Rusia mencegat tiga pembom strategis AS di atas Laut Baltik, Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia (NDCC) melaporkan pada 31 Agustus lalu.

Baca Juga: Ramaikan Laut Hitam, Angkatan Laut AS kirim satu unit kapal serbu amfibi

Menurut NDCC, sistem kontrol wilayah udara Rusia mendeteksi tiga target udara di atas perairan netral Laut Baltik yang mendekati perbatasan negeri beruang merah.

"Tiga pesawat tempur Su-27 dari Pasukan Reaksi Cepat Pertahanan Udara Armada Baltik bergegas untuk mencegat target," kata NDCC seperti dikutip kantor berita TASS. 

"Awak pesawat tempur Rusia mendekati target udara pada jarak yang aman dan mengidentifikasi mereka sebagai pembom strategis B-52H Angkatan Udara AS B-52H," ungkap NDCC.

Tapi, perbatasan negara Rusia tidak dilanggar, NDCC menekankan. "Seluruh penerbangan pesawat tempur Su-27 berjalan sesuai aturan internasional penggunaan wilayah udara," ujar mereka.

Sebelumnya, di hari yang sama, sebuah jet tempur Su-27 Rusia mencegat empat pesawat tempur Jerman, Denmark, AS dan Swedia di atas Laut Baltik.

Selanjutnya: Kapal induk AS ke Laut Hitam, Rusia kirim kapal fregat untuk membuntuti

 




TERBARU
Corporate Valuation Model Presentasi Bisnis yang Persuasif

[X]
×