kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   11.000   0,75%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Deklarasi Para Pemimpin G20 pada Hari Pertama KTT G20 di New Delhi India


Sabtu, 09 September 2023 / 19:57 WIB
Deklarasi Para Pemimpin G20 pada Hari Pertama KTT G20 di New Delhi India
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo diapit oleh Perdana Menteri India Narendra Modi (Kiri) dan Presiden AS Joe Biden (Kanan) dan satu frame dengan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan saat menghadiri sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu, 9 September 2023. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Negara-negara G20 telah mengadopsi sebuah deklarasi konsensus pada konfrensi tingkat tinggi (KTT) pada hari Sabtu (9/9) di New Delhi India. 

Deklarasi ini menghindari untuk mengutuk Rusia atas perang di Ukraina, tetapi memanggil semua negara untuk menahan diri dari penggunaan kekuatan yang lebih untuk merebut wilayah.

Konsensus ini mengejutkan, karena kelompok G20 ini sangat terbagi dalam konflik di Ukraina, dengan negara-negara Barat sebelumnya mendorong untuk mengutuk Rusia dengan keras dalam deklarasi Pemimpin G20. 

Sementara negara-negara lain menuntut agar pertemuan lebih fokus pada isu-isu ekonomi yang lebih luas.

Berikut adalah kutipan dari deklarasi tersebut (untuk teks resmi lengkap, lihat di sini): https://mea.gov.in/Images/CPV/G20-New-Delhi-Leaders-Declaration.pdf

Perang Ukraina

Mengenai perang di Ukraina, semua negara harus bertindak sesuai dengan tujuan dan prinsip-prinsip Piagam PBB dalam keseluruhan.

Tentang perang di Ukraina, semua negara harus menahan diri dari ancaman atau penggunaan kekuatan untuk mencari perolehan wilayah melawan integritas wilayah dan kedaulatan atau kemerdekaan politik negara mana pun.

Mengenai perang di Ukraina, penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir adalah tidak dapat diterima.

Tentang krisis Ukraina, "ada pandangan dan penilaian yang berbeda terhadap situasi."

Resolusi damai konflik dan upaya untuk mengatasi krisis, serta diplomasi dan dialog sangat penting.

"Era saat ini tidak boleh menjadi era perang."

Kemanan Bahan Makanan dan Energi

Memanggil Rusia dan Ukraina untuk memastikan pengiriman tepat waktu dan tanpa hambatan bahan makanan, pangan, dan pupuk/input dari Rusia dan Ukraina.

Menekankan pentingnya menjaga keamanan pangan dan energi, memanggil untuk menghentikan penghancuran militer atau serangan lain pada infrastruktur yang relevan.

Potensi tingkat volatilitas tinggi di pasar makanan dan energi masih ada.

Ekonomi dan Pasar Keuangan

"Kami akan melindungi yang rentan, dengan mempromosikan pertumbuhan yang adil dan meningkatkan stabilitas makroekonomi dan keuangan."

Mengkonfirmasi komitmen nilai tukar yang telah dibuat oleh menteri keuangan dan gubernur bank sentral pada April 2021.

Kami mendukung rekomendasi tingkat tinggi dewan stabilitas keuangan untuk regulasi, pengawasan, dan pengawasan aset kripto.

Menteri keuangan dan gubernur bank sentral kami akan membahas rencana pengembangan mata uang kripto pada pertemuan mereka pada bulan Oktober.

Kami memperbaharui komitmen kami untuk memastikan persaingan yang seimbang dan adil dengan menentang proteksionisme dan praktik yang merusak pasar.

Perubahan Iklim

Perlu mempercepat upaya untuk mengurangi pembangkit listrik batubara yang tidak terhambat, sesuai dengan keadaan nasional.

Akan bekerja untuk memfasilitasi pembiayaan murah untuk negara-negara berkembang untuk mendukung transisi mereka ke rendah karbon/emisi.

Akan mengejar dan mendorong upaya untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan secara global tiga kali lipat melalui target dan kebijakan yang ada, sesuai dengan keadaan nasional pada tahun 2030.

Kami mengulangi komitmen kami untuk mengambil tindakan untuk meningkatkan pembiayaan berkelanjutan.

Kami mengulangi penggunaan harga karbon dan mekanisme dan insentif non-harga menuju netralitas karbon dan nol bersih.

Mengakui kebutuhan investasi global yang meningkat untuk mencapai tujuan iklim kesepakatan Paris.

Menyadari kebutuhan sekitar US$5,8 trilun- US$ 5,9 triliun pada periode sebelum tahun 2030 yang dibutuhkan oleh negara-negara berkembang, khususnya untuk memenuhi target emisi mereka.

Memanggil pihak-pihak untuk menetapkan tujuan kolektif baru yang ambisius, transparan, dan dapat dilacak dalam pembiayaan iklim pada tahun 2024, dengan dasar dari $100 miliar per tahun.

Kerentanan Utang Global 

Berkomitmen untuk mempromosikan pertumbuhan yang tangguh dengan segera dan efektif mengatasi kerentanan hutang di negara-negara berkembang.

Memanggil untuk penyelesaian cepat pengobatan hutang untuk Ethiopia.

Isu Kesehatan

Tetap berkomitmen untuk memperkuat arsitektur kesehatan global.

Akan meningkatkan ketahanan sistem kesehatan dan mendukung pengembangan sistem kesehatan yang tahan terhadap perubahan iklim dan beremisi rendah dalam kolaborasi dengan bank pembangunan multilateral (MDB).




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×