kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Delapan kota diisolasi, Kemkeu China gelontorkan Rp 1,972 triliun untuk virus corona


Jumat, 24 Januari 2020 / 08:47 WIB
Delapan kota diisolasi, Kemkeu China gelontorkan Rp 1,972 triliun untuk virus corona
ILUSTRASI. Petugas kesehatan mendorong salah satu pasien yang diduga terjangkit virus corona. cnsphoto via REUTERS.


Sumber: South China Morning Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Virus corona yang sangat mematikan di China telah merenggut 25 nyawa per Jumat (24/1/2020). Kementerian keuangan China pada hari Kamis mengumumkan alokasi 1 miliar yuan (US$ 144 juta) atau setara dengan Rp 1,972 triliun (kurs Rp 13.700) yang akan digunakan oleh otoritas Hubei untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Melansir South China Morning Post, para pejabat Hubei menanggapi krisis ini dengan memberlakukan larangan perjalanan di delapan kota, termasuk ibukota provinsi Wuhan, kata pemerintah setempat.

Kemarin, virus ini merenggut jiwa seorang warga yang berada di Provinsii Hebei, dekat Beijing. Ini merupakan korban pertama di luar provinsi Hubei. Komisi kesehatan di Hebei mengatakan korban yang berusia 80 tahun, meninggal pada hari Rabu dan penyebabnya belum dikonfirmasi hingga Kamis.

Baca Juga: Jumlah korban virus corona China meningkat menjadi 25 orang

Sebelum diagnosis, pria itu, warga Hebei, telah mengunjungi kerabat di Wuhan selama lebih dari dua bulan, menurut Hebei Daily, media Partai Komunis di provinsi itu.

Hebei Daily mengatakan bahwa 76 orang yang telah melakukan kontak dekat dengan korban telah dikarantina dan hingga saat ini belum ada ditemukan kasus demam.

Sementara itu, otoritas China telah memberlakukan larangan perjalanan di lebih banyak kota di provinsi Hubei dan mengumumkan alokasi dana untuk memerangi penyebaran penyakit yang telah menginfeksi setidaknya 647 orang.

Delapan kota di Hubei - Wuhan, Huanggang, Ezhou, Chibi, Xiantao, Qianjiang, Zhijiang, dan Lichuan - sekarang menjadi sasaran isolasi atau larangan bepergian.

Baca Juga: Waduh, Jepang konfirmasi kasus kedua virus corona

Berbagai alat transportasi publik di Wuhan juga ditangguhkan. Menurut pernyataan yang diposting oleh Didi, setara dengan Uber di China, layanan perusahaan akan dihentikan mulai Jumat siang atas permintaan otoritas komando wabah Wuhan.




TERBARU

[X]
×