kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Demi pabrik di Australia, GM suntik US$ 1 miliar


Kamis, 22 Maret 2012 / 14:50 WIB
Demi pabrik di Australia, GM suntik US$ 1 miliar
ILUSTRASI. GRATIS SERTIFIKAT HALAL: Produksi kerupuk di Depok, Minggu (19/1). Pemerintah akan menggratiskan sertifikasi halal pelaku UMKM beromzet di bawah Rp1 miliar. KONTAN/Baihaki/19/1/2020


Reporter: Asnil Bambani Amri, Reuters | Editor: Asnil Amri

CANBERRA. Produsen mobil asal Amerika Serikat, General Motors akan menyuntikkan investasi senilai US$ 1 miliar untuk pabriknya yang ada di Australia. Keputusan ini menyusul sikap pemerintah Australia yang berniat membantu pabrik General Motor di Australia.

Perdana Menteri Australia, Julia Gillard mengatakan, pemerintah nasional akan menyuntikkan anggaran sebesar A$ 275 juta kepada GM Holden guna melindungi sektor pekerja otomotif di negaranya. Selain produsen mobil GM Holden, Australia juga membantu pabrik mbil yang ada di Australia lainnya yaitu Toyota Motor Corp dan Ford Motor.

Perlu diketahui, ketiga perusahaan ini mengalami penurunan kinerja akibat turunnya pasar mobil, dampak dari penurunan kinerja ekonomi global. Penurunan ekspor ini terjadi karena nilai dolar Australia mencapai rekor tertinggi.

"Ini adalah investasi strategis yang akan meningkatkan perekonomian kami," kata Gillard kepada wartawan. Dengan adanya suntikan dana baru itu, maka masa depan GM Holden di Australia akan cerah, setidaknya sampai 10 tahun yang akan datang.

Selain itu, kucuran dana dari pemerintah itu juga akan mengamankan 12.000 orang tenaga kerja yang menggantungkan nasib di pabrik GM Holden Adelaide, dan pabrik mesin manufaktur di Victoria. Tak hanya itu, kucuran dana baru itu akan menopang ribuan pekerjaan yang memasok komponen ke pabrik.

Perlu diketahui, GM Holden telah memangkas 140 pekerja di pabriknya di Adelaide Februari lalu. Sementara itu, Toyota di Australia mengumumkan pemangkasan 350 tenaga kerja pada Januari lalu.

Penjualan mobil di Australia mengalami penurunan sejak tahun 2004 lalu, saat itu penjualan mobil mencapai 400.000 unit. Pada tahun 2008, penjualan mobil hanya tercatat sebesar 320.000 unit, kemudian turun lagi menjadi 250.000 unit di tahun 2010.

Sektor otomotif di Asutralia mampu menyerap sekitar 55.000 orang dan mendukung 200.000 pekerjaan pada industri pendukung.

Pemerintah Australia mengumumkan langkah perlindungan untuk mencegah adanya penutupan pabrik, seperti yang telah dilakukan Mitsubishi Motors Corporation pada tahun 2008 lalu.

Untuk GM Holden, pemerintah Australia akan memproduksi mobil bersama, biar bisnis GM Holden tetap bisa melenggang. "Iinvestasi bersama ini sangat penting untuk industri kami," kata Managing Director GM Holden, Mike Devereux kepada wartawan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×