kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Demokrat akan kirim proses pemakzulan resmi Trump ke Senat AS awal pekan depan


Sabtu, 11 Januari 2020 / 06:34 WIB
Demokrat akan kirim proses pemakzulan resmi Trump ke Senat AS awal pekan depan
Ketua DPR AS Nancy Pelosi memegang palu saat ia memimpin Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui dua dakwaan impeachmeant terhadap Presiden AS Donald Trump di Kamar DPR AS di Washington, AS, 18 Desember 2019.

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) yang dipimpin Partai Demokrat akan mengirimkan dakwaan impeachment formal terhadap Presiden AS Donald Trump ke Senat pada awal minggu depan. 

Hal itu dikatakan Ketua DPR Nancy Pelosi pada hari Jumat, mengatur panggung untuk persidangan yang telah lama ditunggu-tunggu.

Baca Juga: Trump berharap kesepakatan dagang dengan China segera ditekan setelah 15 Januari

Mengutip Reuters, Sabtu (11/1), Pelosi, dan Partai Demokrat yang mendominasi DPR, telah terlibat dalam permainan kucing-dan-tikus tiga minggu ini dengan Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell atas aturan untuk persidangan Trump di Senat yang dikendalikan oleh Partai Republik.

Demokrat telah menuntut adanya kesaksian saksi baru dan bukti tentang tekanan Trump terhadap presiden Republik Ukraina untuk menyelidiki mantan Wakil Presiden Joe Biden,  tokoh Demokrat yang akan menjadi lawan berat Trump pada pemiliu presiden AS November 2020 mendatang.

McConnell  telah menutup pintu pada upaya pemakzulan Trump. Ia mengatakan memiliki cukup suara di Partai Republik untuk memulai persidangan tanpa komitmen untuk mendengar dari saksi tambahan, termasuk mantan penasihat keamanan nasional Trump John Bolton.

Baca Juga: Balas serangan rudal, AS jatuhkan banyak sanksi atas Iran

Demokrat sedang mencoba meyakinkan beberapa senator Republik moderat untuk mengizinkan saksi. Seorang moderat, Senator Susan Collins dari Maine, mengatakan kepada wartawan di negara bagian asalnya bahwa dia dan kelompok yang cukup kecil dari sesama senator Republiknya bekerja untuk memastikan saksi dapat dipanggil.




TERBARU

Close [X]
×