kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Departemen Perdagangan AS tak merilis data ekonomi akibat shutdown


Kamis, 27 Desember 2018 / 13:22 WIB

Departemen Perdagangan AS tak merilis data ekonomi akibat shutdown
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Biro Analisis Ekonomi dan Biro Sensus Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) tidak akan mempublikasikan data ekonomi selama penutupan sebagian pemerintah yang sedang berlangsung. 

Wall Street Journal melaporkan pada hari Rabu, mengutip seorang juru bicara agensi. Departemen Perdagangan merilis angka-angka penting tentang produk domestik bruto, inflasi, pendapatan dan pengeluaran pribadi, perdagangan dan penjualan rumah baru, yang sebagian besar diawasi ketat oleh investor.


"Karena selang dalam Pengalokasian Kongres untuk Tahun Anggaran 2019, Departemen Perdagangan AS ditutup," sebuah pemberitahuan di situs web departemen mengatakan. "Situs web Departemen Perdagangan tidak akan diperbarui hingga pemberitahuan lebih lanjut."

Sebelumnya, seorang pejabat Departemen Perdagangan mengatakan bahwa data penjualan rumah baru yang dijadwalkan untuk rilis pada hari Kamis akan ditunda selama penutupan sebagian pemerintah berlanjut. Data lain yang kemungkinan akan ditunda termasuk angka revisi izin bangunan AS yang dijadwalkan rilis hari Kamis dan laporan tentang indikator ekonomi sebelumnya, termasuk neraca perdagangan barang, yang telah dijadwalkan untuk hari Jumat.

Penutupan parsial pemerintah federal akan memasuki hari keenam setelah Presiden Donald Trump mengatakan dia siap menunggu selama diperlukan untuk mendapatkan anggaran US$ 5 miliar untuk tembok perbatasan AS-Meksiko.

Wall Street Journal melaporkan bahwa Departemen Tenaga Kerja akan terus merilis data yang dikompilasinya, termasuk klaim tunjangan pengangguran, laporan ketenagakerjaan bulanan, dan angka terkait inflasi.


Sumber : Reuters
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×