kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di India, Netflix cs dihadang perusahaan streaming lokal


Kamis, 20 Februari 2020 / 18:47 WIB
Di India, Netflix cs dihadang perusahaan streaming lokal
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Gamers and visitors take a rest at the booth of Netflix during Europe's leading digital games fair Gamescom, which showcases the latest trends of the computer gaming scene in Cologne, Germany, August 21, 2019. REUTERS/Wolfgang Rattay/File Phot


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. India menjadi pasar terbuka bagi perusahaan streaming global. Tercatat para raksasa streaming seperti Netflix Inc dan Walt Disney Co menghabiskan jutaan dolar untuk meraih pemirsa di India.

Namun langkah para raksasa itu tidak akan mudah. Pasalnya India mempunyai perusahaan streaming lokal yang tak kalah mumpuni dengan pemain asing.

Zee5 sebuah platform streaming asli India ini menjadi yang teratas. “Kami bertaruh pada konten lokal untuk menangkis saingan pengeluaran besar,” kata Chief Executive Officer Tarun Katial dalam sebuah wawancara.

Baca Juga: Jelang Valentine, Netflix rilis film To All the Boys: P.S. I Still Love You

Zee5 pun mempunyai strategi untuk menambahkan lebih banyak film lokal dengan opsi harga yang lebih rendah untuk mendapatkan pangsa pasar, katanya.

Hingga kini Zee5 telah menghasilkan lebih dari 100 film asli dalam bahasa lokal, setidaknya 10 kali lebih banyak dari pesaing mana pun. “Kami dapat memenangkan pertempuran konten ini ," ujar Katial mengutip Bloomberg, Kamis (20/2).

India memang merupakan pasar yang empuk bagi para streaming global. Boston Consulting Group memperkirakan pasar di India akan mencapai US$ 5 miliar pada 2023. India menjadi medan pertempuran setelah China, negara besar lainnya menutup akses perusahaan streaming masuk.

Zee5 berhasil mengumpulkan 61 juta pengguna bulanan aktif dalam 15 bulan pertama di India. Katial mengatakan Zee5 tidak punya banyak pilihan selain tetap memproduksi acara baru dengan harga lebih murah.

Platform lokal ini menargetkan menambah 80 film lokal lagi. Sayangnya Perwakilan untuk platform Netflix dan Hotstar Disney di India menolak memberikan komentar.

Baca Juga: Jangan lewatkan, Uncut Gems sudah tayang di Netflix

Sebelumnya, Disney awal bulan ini mengatakan akan memperkenalkan layanan streaming Disney + di India melalui platform Hotstar pada 29 Maret. Mereka masuk di awal musim kriket Liga Premier India.




TERBARU

[X]
×