kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di luar dugaan, cadangan devisa China naik menjadi US$ 3,107 triliun pada Agustus


Sabtu, 07 September 2019 / 11:45 WIB
Di luar dugaan, cadangan devisa China naik menjadi US$ 3,107 triliun pada Agustus
ILUSTRASI. Negara Dengan Cadangan Devisa Terbesar di Dunia - China


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Cadangan devisa China naik pada Agustus di tengah pelemahan yuan dan meningkatnya ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Mengutip Reuters, Sabtu (7/9), data bank sentral China menunjukkan cadangan devisa China pada Agustus naik US$ 3,5 miliar menjadi US$ 3,107 triliun.

Ekonom yang disurvei Reuters memperkirakan cadangan devisa China akan turun US$ 4 miliar menjadi US$ 3,100 triliun, kemungkinan karena fluktuasi nilai tukar global dan harga obligasi asing yang dipegang China.

Regulator valuta asing dalam sebuah pernyataan setelah rilis data ini mengatakan, peningkatan cadangan devisa China pada Agustus karena China mempertahankan keseimbangan pembayaran internasional yang stabil dan pertumbuhan ekonomi yang umumnya stabil.

Regulator menambahkan, harga obligasi di negara-negara utama juga naik.

Baca Juga: China akan merilis mata uang digital baru mirip dengan Libra Facebook

China telah mampu menjaga aliran modal keluar di bawah kendali selam setahun terakhir meski perang dagang dengan AS meningkat dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri melemah.

Cadangan devisa ini telah pulih dari level terendah pada Oktober 2018 berkat kontrol modal dan meningkatnya investasi asing di saham dan obligasi China.

Pada Agustus, yuan melorot sekitar 3,8% terhadap dolar AS, menjadikannya penurunan bulanan terdalam sejak China menyatukan nilai tukar resmi dan pasar pada tahun 1994. 

China membiarkan yuan menembus level 7 per dolar, beberapa hari setelah AS menyatakan akan memberlakukan lebih banyak tarif terhadap barang-barang AS mulai 1 September.

Baca Juga: Turis China Berhemat, Pariwisata Sekarat premium

Sementara itu, cadangan emas China juga meningkat tahun ini. Hingga akhir Agustus, cadangan emas China sebesar 62,45 juta ons troi, naik 4,85% dari 59,56 juta ton pada akhir tahun 2018.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×