kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di Malaysia, Banyak yang Pilih Menikah Tanggal 20 Mei, Ini Alasannya


Rabu, 18 Mei 2022 / 09:18 WIB
Di Malaysia, Banyak yang Pilih Menikah Tanggal 20 Mei, Ini Alasannya
ILUSTRASI. Dengan adanya pelonggaran sebagian besar pembatasan Covid-19, ratusan pasangan di Malaysia dikabarkan akan menikah pada 20 Mei. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - GEORGE TOWN. Dengan adanya pelonggaran sebagian besar pembatasan Covid-19, ratusan pasangan di Malaysia dikabarkan akan menikah pada 20 Mei.

Melansir The Star, hari tersebut dianggap istimewa bagi mereka yang melek bahasa Mandarin karena “520” (wu er ling) dalam bahasa Mandarin agak berima dengan kalimat “Aku cinta kamu” dalam bahasa yang sama.

20 Mei kini menjadi hari yang spesial bagi mereka karena telah mengadopsi versi Hari Valentine ini.

520 berasal dari bahasa gaul online yang diciptakan sebagai jalan pintas untuk mengatakan "I love you", seperti mnemonik "ILY" dalam bahasa Inggris, dan seiring waktu, 520 dikaitkan dengan hari yang "romantis".

Di Che Hoon Khor Moral Uplifting Society di Macalister Road, lebih dari 50 pasangan telah melamar untuk menikah, meskipun hanya 30 pasangan yang akan bertukar sumpah pada hari itu karena tindakan pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Berguna & Anti Mainstream, Simak 5 Rekomendasi Hadiah Valentine untuk Decluttering

Seorang juru bicara masyarakat mengatakan mereka mengurangi jumlah orang untuk upacara untuk mengelola kerumunan.

“Responnya sangat bagus, dan sejak itu kami telah menutup pendaftaran untuk aplikasi pernikahan. Pasangan akan mengikuti akad nikah massal, seperti yang dilakukan sebelum pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sekretaris Balai Kota China Penang, Koay Eng Seng, mengatakan seluruh slot yang berjumlah 55 telah terisi tak lama setelah pendaftaran acara – yang juga dikenal sebagai Hari Valentine tidak resmi di antara negara-negara berbahasa Mandarin – dibuka.

“Kami tidak berani menerima lebih banyak pasangan karena pandemi belum sepenuhnya berakhir.

Baca Juga: Diskon Valentine Xiaomi Masih Berlaku, Ini Daftar Produk yang Dapat Potongan Harga

“Kami hanya mengizinkan 55 pasangan untuk datang pada hari itu. Meski begitu, setiap pasangan telah diberikan slot waktu yang ditentukan dari jam 9 pagi dan seterusnya untuk pengendalian massa yang lebih baik,” kata Koay.

Sementara itu, ketua Asosiasi Restoran dan Toko Teh Koosoo Kwong Choon Tong Penang, Vinah Yee, mengatakan mereka akan mempersiapkan lebih banyak kunjungan karena pasangan dan keluarga mereka biasanya akan datang untuk makan siang setelah sesi pendaftaran.

“Kami berharap bisnis akan sedikit lebih baik dari biasanya. Kami tidak mengharapkan pengunjung mengambil banyak meja seperti biasanya, karena biasanya hanya pengantin baru dan anggota keluarga terdekat mereka yang datang,” katanya.

520 Ramai pula di China

Mengutip www.thatsmags.com, istilah 520 berasal dari internet. Dan seperti banyak istilah internet lainnya, istilah ini didasarkan pada pengucapan. Pengucapan China untuk "520" (wu er ling) terdengar seperti 'Aku mencintaimu' (wo ai ni). 

Baru-baru ini, orang-orang juga melibatkan hari berikutnya dalam gimmick, 5.21, yang terdengar seperti 'Saya bersedia'.

Di China, banyak hari libur yang menggila, resmi atau tidak, dan yang satu ini tidak terkecuali. Menurut QQ News, mawar yang biasanya dijual seharga RMB 3 melonjak harganya menjadi sekitar RMB 20 pada hari istimewa ini. 

Mawar yang diimpor sering kali lebih mahal melampaui RMB 300 di setiap toko bunga kota. Dan harga itu untuk satu tangkai mawar.

Berpikir untuk menikah pada 20 Mei? 
Semoga beruntung dengan itu. Di Shanghai, kantor pemerintah untuk akta nikah dibuka pada pukul 8 pagi, tetapi di masa lalu pasangan sudah mulai mengantre sejak pukul 06:00 pada tanggal 20 Mei. Di Zhengzhou, sebuah kota di provinsi Henan, ratusan pasangan mengantre di luar kantor pencatatan pernikahan kota.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×