kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diberi waktu 3 hari untuk tutup konsulatnya di kota Houston, China kutuk AS


Rabu, 22 Juli 2020 / 15:59 WIB
Diberi waktu 3 hari untuk tutup konsulatnya di kota Houston, China kutuk AS
ILUSTRASI. FILE PHOTO: Chinese and U.S. flags are set up for a meeting during a visit by U.S. Secretary of Transportation Elaine Chao at China's Ministry of Transport in Beijing, China April 27, 2018. Picture taken April 27, 2018. REUTERS/Jason Lee/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. China mengatakan pada hari Rabu (22/7) bahwa Amerika Serikat (AS) secara tiba-tiba menyuruhnya menutup konsulatnya di kota Houston. Beijing mengutuk sikap AS tersebut dan mengacam akan melakukan pembalasan.

Menurut Kementerian Luar Negeri China, Amerika Serikat memberikan batas waktu tiga hari kepada pihak China untuk menutup misi di kota Texas, seperti dilansir Reuters.

Hubungan antara Amerika Serikat dan China telah memburuk secara signifikan sejak pecahnya virus corona baru di kota Wuhan di China pada awal tahun.

Baca Juga: Bos Pentagon berencana ke China di tengah meningkatnya ketegangan hubungan

"Penutupan konsulat jenderal China di Houston secara sepihak dalam waktu singkat adalah peningkatan tindakan baru-baru ini terhadap China," kata juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin dalam jumpa pers reguler.

“Kami mendesak AS untuk segera mencabut keputusan yang salah ini. Jika negara itu bersikeras menempuh jalan yang salah ini, Tiongkok akan bereaksi dengan tindakan tegas, ”katanya.

Dia juga mengatakan konsulat beroperasi secara normal tetapi tidak menjawab pertanyaan tentang laporan media AS di Houston pada Selasa malam bahwa dokumen-dokumen sedang dibakar di halaman di konsulat.

Baca Juga: Ancaman militer China meningkat, begini persiapan Taiwan

"Tampaknya itu pembakaran terbuka di sebuah wadah di dalam halaman fasilitas konsulat China. Itu tampaknya bukan api yang tidak dikekang, tetapi kami belum diizinkan mengaksesnya," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Houston, Samuel Pena seperti dikutip oleh KTRK abc13. .co / 30z3AGP, afiliasi televisi ABC.

"Kami berdiri dan memantau."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×