kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dirumorkan hilang, ini hasil investigasi intelijen Korsel soal istri Kim Jong Un


Rabu, 17 Februari 2021 / 07:51 WIB
Dirumorkan hilang, ini hasil investigasi intelijen Korsel soal istri Kim Jong Un
ILUSTRASI. Keberadaan istri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Ri Sol Ju, yang dirumorkan hilang kini mulai menemui titik terang. KCNA/via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Keberadaan istri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Ri Sol Ju, yang dirumorkan hilang kini mulai menemui titik terang. Menurut badan intelijen Korea Selatan, kemungkinan besar Ri Sol Ju masih hidup dan sehat. 

Pada Selasa (16/2/2021), Layanan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan menyatakan bahwa Ri Sol Ju masih hidup dengan baik bersama anak-anaknya. 

Ri Sol Ju memang tak lagi muncul di media pemerintah Korut selama lebih dari setahun menurut anggota parlemen Korsel namun itu agaknya merupakan tindakan pencegahan dari Covid-19. 

Diwartakan Kompas.com sebelumnya, Ri terakhir kali terlihat mendampingi suaminya itu pada Tahun Baru Imlek Januari tahun lalu. Setelah itu, dia tak terlihat lagi batang hidungnya. 

Baca Juga: Intelijen Korsel: Korut berupaya curi informasi soal vaksin Pfizer

Bahkan, Ri disebut tidak hadir ketika Korea Utara menggelar parade militer untuk merayakan 75 tahun Partai Buruh pada 10 Oktober 2020. 

Rumor pun berkembang di mana berdasarkan pemberitaan Daily NK, Ri Sol Ju tidak muncul selama sembilan bulan karena menderita penyakit. Sementara pakar di Korea Selatan menyebut istri Kim Jong Un itu menghindar dari virus corona, di mana Korut mengeklaim tak melaporkan kasusnya. 

Dikatakan dia memilih untuk menghindari pertemuan publik karena banyak orang tak mengenakan masker. Sehingga dia mencemaskan kondisi anak-anaknya. 

Baca Juga: Tak ada parade militer dalam perayaan ulang tahun mendiang Kim Jong-il di tahun ini

Sumber yang ada di Korut sendiri meyakini Ri Sol Ju tidak pernah muncul di depan umum karena dia fokus mengurus bibi sang suami. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×