Duh, ada aplikasi edit foto, video dan game nyolong password Facebook, ini daftarnya

Kamis, 02 Juli 2020 | 08:00 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Duh, ada aplikasi edit foto, video dan game nyolong password Facebook, ini daftarnya


KEJAHATAN SIBER - VERSAILLES.  Ancaman kejahatan dunia siber terus menghantui pengguna smartphone. Aplikasi jahat yang kerap mencuri data pribadi pengguna smartphone terus mengintai. Google mendeteksi, ada 25 aplikasi dari GooglePlay yang tertangkap basah mencuri password Facebook.

Google buru-buru menurunkan aplikasi tersebut. Namun, aplikasi itu terlanjur sudah diunduh lebih dari 2,34 juta kali. Mengutip ZDNet, Selasa (30/6), ke-25 aplikasi tersebut dikembangkan oleh kelompok yang sama. Meski menyamarkan dengan menawarkan beragam fitur, aplikasi ini terlihat memiliki cara kerja yang sama.

Berdasarkan laporan sebuah laporan dari perusahaan keamanan siber Prancis, Evina yang diterima ZDNet awal pekan ini, aplikasi jahat tersebut menyamar sebagai aplikasi menghitung langkah, editor video, editor foto, aplikasi wallpaper, aplikasi senter, manajer file dan mobile game.

Aplikasi tersebut memang berfungsi seperti yang mereka tawarkan. Tapi juga diam-diam memiliki kode berbahaya di dalamnya. Peneliti Evina mengatakan aplikasi tersebut memiliki memiliki kode yang bisa mendeteksi aplikasi apa yang baru dibuka pengguna dan sedang aktif di layar.

Jika aplikasi yang dibuka adalah Facebook, aplikasi jahat ini akan menampilkan halaman browser di atas aplikasi resmi Facebook. Kode jahatnya langsung memuat halaman login Facebook di halaman browser tersebut.

Nah, daftar nama ke-25 aplikasi itu ad di halaman berikut. 

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru