kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Duh, beberapa pengguna mengeluh SSD yang digunakan di Windows 11 melambat, kenapa?


Rabu, 08 Desember 2021 / 09:26 WIB
Duh, beberapa pengguna mengeluh SSD yang digunakan di Windows 11 melambat, kenapa?
ILUSTRASI. Duh, beberapa pengguna mengeluh SSD yang digunakan di Windows 11 melambat, kenapa?


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Duh, beberapa pengguna mengeluh SSD yang digunakan di Windows 11 melambat. Kasus tersebut dialami oleh beberapa user alias pengguna di mana SSD NVMe yang digunakan untuk instal Windows 11 mengalami performa yang begitu acak. Sayang sekali, masih belum diketahui apa penyebabnya.

Apakah Anda sudah menggunakan Windows 11? Atau justru masih belum mendapatkan update dan masih stay di Windows 10?

Berbicara tentang Windows 11, sistem operasi (OS) terbaru besutan Windows ini muncul masalah baru yang membuat beberapa penggunanya bertanya-tanya. Mengutip dari GSMArena, beberapa pengguna mengeluh bahwa SSD NVMe yang mereka gunakan saat menjalankan Windows 11 mengalami performa yang begitu acak.

Bahkan cenderung menurun, di mana kecepatan SSD yang digunakan melambat. Beberapa pengguna membandingkan kecepatan SSD NVMe yang digunakan saat menggunakan Windows 10 dan Windows 11.

Baca Juga: Fitur Pesan Sementara di WhatsApp kini jadi opsi default, durasi maksimal 90 hari

Kecepatan SSD di Windows 11 melambat

Bagaimana hasilnya? 

Masalah ini sering mempengaruhi kecepatan tulis (write) secara acak, yang bisa dua hingga empat kali lebih lambat dari sebelumnya, sebelum pembaruan (update) meluncur. 

Apakah ini permasalahan dari hardware itu sendiri?

Masih dikutip dari sumber yang sama, ini bukan masalah dengan manufaktur SSD tertentu saja, beberapa SSD NVMe dengan merek berbeda juga mengalami permasalahan serupa.

Baca Juga: Kode redeem FF Desember 2021, termasuk cara mendapatkan Pumpkin Warrior (Bottom)

Beberapa hal yang lebih buruk bahkan berimbas kepada kecepatan baca yang secara acak juga turun. Anehnya lagi, ini hanya mempengaruhi partisi atau drive yang digunakan untuk memasang atau install Windows 11. Sementara drive lainnya tidak terpengaruh, bahkan terkadang cenderung meningkat kecepatannya.

Sejatinya ini bukanlah permasalahan yang ditemukan baru-baru ini. Postingan terkait issue atau permasalahan tersebut mulai naik di Reddit setidaknya tiga bulan yang lalu, artinya saat Windows 11 masih memasuki versi beta. Karyawan Microsoft diketahui telah mengkonfirmasi bahwa tim mengetahui masalah tersebut dan sedang menyelediki penyebabnya. 

Namun itu konfirmasi tiga bulan yang lalu, sementara itu thread masih aktif dan masih belum nampak solusi yang muncul. Begitu pula dengan thread serupa yang diposting di forum Microsoft, dan masih belum diketahui juga apakah penyebabnya serta bagaimana solusinya.




TERBARU

[X]
×