kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Duit deposan di bank Siprus akan terkena potongan


Senin, 18 Maret 2013 / 09:51 WIB
Duit deposan di bank Siprus akan terkena potongan
ILUSTRASI. Deposito.


Sumber: Reuters |

BRUSSELS. Setelah cukup lama bertahan di ujung krisis, akhirnya, Siprus menerima dana talangan ekonomi. Jumat lalu (15/3), menteri keuangan negara-negara Zona Euro dan Badan Moneter Internasional (IMF) sepakat menyalurkan bailout € 10 miliar (US$ 13 miliar) untuk negara berpantai Laut Mediterania ini.

Sebagai bagian dari kesepakatan, deposan dengan simpanan lebih dari € 100.000 (US$ 131.000) di bank Siprus akan terkena potongan dana 9,9%. Sedangkan penabung dengan simpanan lebih sedikit, terkena potongan 6,75%. Seperti ditulis BBC, sebagai penukar, deposan mendapat kompensasi saham bank tempat ia menabung.

Warga Siprus yang khawatir  dan marah melakukan hal logis. Mereka berduyun-duyun ke mesin ATM mencoba menarik duit kas sebanyak-banyaknya. Mereka menggunakan waktu yang tinggal sedikit. Parlemen akan mendebatkan sikap pemerintah hari ini. Andai parlemen kalah suara dibanding pemerintah, simpanan masyarakat Selasa besok bakal lebih sedikit dibanding hari Jumat.

Tidak sistemik?

Menurut Presiden Siprus, Nicos Anastasiades, masyarakat harus mengambil langkah menyakitkan ini agar tak menanggung bencana ekonomi besar. "Ini menyakitkan, tapi kita bisa mengendalikan krisis," kata Anastasiades. Menurut dia,  jika masyarakat memilih skenario bencana, ada dua bank yang tertekan. Salah satunya harus berhenti beroperasi, satunya lagi berhenti sementara untuk menghindari kolaps.

Anastasiades tidak menyebut nama dua bank tersebut.  Namun, ia mengacu pada Cyprus Popular Bank serta Bank of Cyprus, bank terbesar di negara tersebut. Jika kedua bank itu kolaps, negara harus membayar simpanan masyarakat € 30 miliar. Ini jumlah yang tidak mampu dibayar  oleh pemerintah.

Sejatinya, kreditur belum pernah segalak ini pada deposan. Saat mengucurkan bantuan pada Yunani atau perbankan Spanyol, bank sentral Eropa (ECB) dan IMF memastikan, para deposan bank tetap nyaman. Namun, Siprus menerima perlakuan berbeda.

Washington Post menyebut, alasan IMF antara lain geografi Siprus yang cukup jauh dengan  Zona Eropa lain. Populasinya juga hanya 1,1 juta. Bandingkan dengan Yunani berpopulasi 10 kali lebih banyak. Sistem perbankan Siprus mampu menampung kewajiban-- sebagian besar merupakan simpanan masyarakat -- 8 kali lebih besar dibanding pendapatan negara. Rata-rata negara Zona Euro hanya 3,5 kali. Perbankan Siprus merupakan tempat parkir nyaman bagi konglomerat Rusia.

Uniknya, unit bank Siprus di Yunani tidak dikenai pungutan. Pemerintah Athena kini mencari perbankan lokal yang berminat membeli unit bank Siprus di Yunani. ECB akan memantau potensi terjadi pelarian dana dari Siprus ke negara lain. Regulator berharap, cara khusus Siprus tidak menimbulkan kepanikan yang berdampak sistemik.         n




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×