kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

eBay Sepakat Menjual Skype


Rabu, 02 September 2009 / 19:01 WIB


Sumber: BBC | Editor: Dikky Setiawan

CALIFORNIA. Situs lelang online eBay telah setuju untuk menjual mayoritas sahamnya di perusahaan telepon internet Skype seharga US$ 2 miliar. Untuk selanjutnya Skype akan menjadi perusahaan dengan mayoritas sahamnya dimiliki oleh sekelompok investor swasta, termasuk salah satu pendiri Netscape, Marc Andreessen dan perusahaan ekuitas swasta.

eBay akan tetap menyimpan sisa 35% saham dari perusahaan yang telah coba dijualnya sejak beberapa waktu lalu. Skype telah melakukan sinergi terbatas dengan eBay atas kesepakatan itu. eBay menjual Skype seharga US$ 2,75 miliar, sementara, eBay membeli Skype seharga US$ 2,6 miliar di tahun 2005.

Pemilik baru Skype adalah Andreessen Horowitz, pendiri perusahaan ekuitas swasta Silver Lake dan Direksi Investasi Dana Pensiun Kanada. Dalam kesepakatan ini, mereka akan membayar US$ 1,9 miliar dalam bentuk tunai dan memberikan US$ 125 juta sebagai catatan untuk eBay, di mana perjanjian pembayaran atas pembelian itu dilakukan pada waktu yang disepakati.

Awal tahun ini, eBay telah mengungkapkan rencananya untuk melakukan spin off terhadap Skype dan mendaftarkan sahamnya di lantai bursa pada paruh pertama tahun 2010, sebuah pengumuman yang telah memberi sinyal bahwa perusahaan itu memang akan dijual.

eBay menurunkan nilai Skype sebesar US$ 1,2 miliar setelah setahun diambil alih. Penurunan itu salah satunya karena eBay harus melakukan pembayaran US$ 3 miliar kepada Niklas Zennström dan Janus Friis, yang mendirikan Skype pada tahun 2003.

Skype merupakan perangkat lunak komputer yang memungkinkan pengguna ponsel berbicara satu sama lain secara gratis sehingga menghemat biaya panggilan ke telepon seluler dan sambungan telepon rumah.

Tidak seperti panggilan mobile tradisional, yang ditransmisikan melalui jaringan seluler, Skype mengubah suara pelanggan menjadi data dan mengirimkannya melalui internet. Saat ini, jumlah pengguna Skype yang terdaftar telah meningkat menjadi 405 juta dari 53 juta pelanggan. Karena itu, untuk meningkatkan kembali jumlah pelanggan, eBay akan merampungkan kesepakatan penjualan Skype dalam tiga bulan di akhir tahun ini.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×