kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom Samuel prediksi neraca dagang Oktober defisit US$ 300 juta-US$ 400 juta


Rabu, 14 November 2018 / 16:10 WIB
Ekonom Samuel prediksi neraca dagang Oktober defisit US$ 300 juta-US$ 400 juta
ILUSTRASI. Aktivitas pelabuhan petikemas Tanjung Priok


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih memperkirakan neraca dagang di Oktober akan mengalami defisit sekitar US$ 300 juta hingga US$ 400 juta.

Sementara, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan surplus neraca perdagangan pada September 2018 sebesar US$ 227,1 juta. Berdasarkan data BPS, surplus nonmigas sebesar US$ 1,30 miliar sementara defisit migas sebesar US$ 1,07 miliar.

Lana menjelaskan, defisit di Oktober ini disebabkan impor yang meningkat lantaran persiapan untuk natal dan akhir tahun. Kenaikan harga minyak mentah yang terjadi di Oktober pun turut mempengaruhi kinerja impor.

Di sisi lain, ekspor dianggap belum bisa menutupi impor yang meningkat. "Harga komoditas tidak ikut naik dengan naiknya harga minyak. Mungkin ekspor naik, tetapi impor naik lebih tinggi dari kenaikan impor," tutur Lana kepada Kontan.co.id, Rabu (14/11).

Pemerintah sudah melakukan berbagai kebijakan untuk menekan impor, mulai dari kebijakan perluasan B20, juga menerapkan pajak penghasilan untuk 1.147 barang impor. Menurut Lana, kebijakan tersebut belum cukup efektif. Dia mengatakan, kebijakan tersebut akan terlihat di kuartal I 2019.

Meski neraca dagang diperkirakan defisit di Oktober, tetapi Lana mengatakan ekspektasi defisit tersebut bersifat seasonal. "Data November yang keluar Desember, seharusnya surplus," tambah Lana.

Lana memandang, perbaikan neraca dagang adalah masalah struktural. Impor harus dikurangi dengan cara bahan baku yang diimpor disubsitusi. Sedangkan, diversifikasi ekspor harus terus dilakukan mulai dari diversifikasi produk dan pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×