kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elon Musk Jual Saham Tesla dengan Nilai Sekitar US$ 4 Miliar


Jumat, 29 April 2022 / 11:43 WIB
Elon Musk Jual Saham Tesla dengan Nilai Sekitar US$ 4 Miliar
ILUSTRASI. Elon Musk. Patrick Pleul/Pool via REUTERS


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Elon Musk menjual saham Tesla Inc. senilai sekitar US$ 4 miliar. Miliarder tersebut telah melepas sekitar 4,4 juta saham pada 26 April dan 27 April.

Langkah tersebut dilakukan setelah Musk mendapatkan kesepakatan blockbuster senilai US$ 44 miliar untuk membeli Twitter Inc. 

Analis dan investor Wall Street menduga bahwa Musk mungkin perlu menjual beberapa saham untuk menutup bagian ekuitas senilai $21 miliar dari transaksi yang dia jamin secara pribadi.

Di akun twitternya, Musk menulis tweet yang menjelaskan bahwa dia tidak memiliki rencana penjualan Tesla lebih lanjut setelah aksi tersebut.

Musk dan Twitter mencapai kesepakatan pada hari Senin untuk orang terkaya di dunia untuk membeli perusahaan media sosial. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah terkait siapa pria kunci untuk Tesla, di mana Musk telah menjadi CEO sejak 2008 dan telah lama memiliki saham terbesar. 

Baca Juga: Twitter Adds More Users Than Wall Street Expectations

Sementara itu, konfirmasi penjualannya mungkin membuat bingung para pemegang saham, yang banyak di antaranya adalah investor ritel.

"Ini adalah siklus brutal bagi investor Tesla untuk menavigasi dan membayangi nama dengan Musk menjual lebih banyak saham. Kesepakatan Twitter menjadi elang laut untuk saham Tesla dan ini menuangkan bensin ke api yang mengamuk,” kata Dan Ives dari Wedbush dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/4).

Saham Tesla turun terbesar sejak September 2020 pada 26 April, hari dimana Musk melakukan sebagian besar penjualan. Mereka sedikit berubah dalam dua sesi berikutnya dan ditutup pada US$ 877,51 pada hari Kamis.

Tidak jelas apakah Musk selesai melepas saham Tesla karena tweetnya dapat menyiratkan bahwa dia menjual lebih banyak saham pada hari Kamis, yang harus dilaporkan pada hari Jumat.

Musk melepas jutaan saham Tesla senilai lebih dari $16 miliar menjelang akhir tahun 2021, penjualan pertamanya dalam lebih dari lima tahun. Mereka mulai pada bulan November setelah dia bertanya kepada pengikutnya di Twitter apakah dia harus memangkas sahamnya di pembuat mobil dan bertepatan dengan penurunan saham.

Dengan kekayaan US$ 252,2 miliar, Musk adalah orang terkaya di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index. Tetapi kemerosotan saham Tesla baru-baru ini telah memangkas US$ 18 miliar dari kekayaan bersihnya tahun ini, bahkan ketika pembuat mobil itu melaporkan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan awal bulan ini.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×