Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp 102 Triliun untuk Beli Saham Twitter?

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:04 WIB Sumber: Bloomberg
Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp 102 Triliun untuk Beli Saham Twitter?

ILUSTRASI. Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp 102 Triliun


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Orang terkaya dunia, Elon Musk, menjual saham Tesla Inc sebesar 7,92 juta dengan nilai US$ 6,9 miliar atau setara Rp 102 triliun (kurs Rp 14.800).  Elon Musk melakukan penjualan saham Tesla ini pada 5 Agustus 2022.

Bloomberg mencatat penjualan saham Tesla ini merupakan yang terbesar yang dilakukan Elon Musk.  Dalam kicauannya, Elon Musk mengatakan tujuan penjualan saham Tesla ini untuk berjaga-jaga manakala ia dipaksa membeli saham Twitter Inc, senilai US$ 44 miliar, yang sebelumnya ia batalkan.

Elon Musk mengatakan, ia tidak mau menjual saham Tesla di menit-menit terakhir saat ia tidak bisa menghindari kesepakatan pembelian saham Twitter Inc.

Ditanya oleh pengikutnya apakah dia sudah selesai menjual saham Tesla dan akan membeli saham itu lagi jika kesepakatan tidak ditutup, Elon Musk menjawab: "Ya."

Baca Juga: Musk: Akuisisi Layak Terlaksana Jika Twitter Mampu Buktikan Keaslian Akun

Penjualan itu terjadi hanya empat bulan setelah Elon Musk, mengatakan tidak berencana menjual saham Tesla. Sejak itu, saham Tesla telah rebound dari posisi terendah yang dicapai pada Mei, diuntungkan dari kenaikan yang lebih luas di ekuitas AS.

Saham Elon Tesla telah meningkat sekitar 35% dari posisi terendah tahun ini, meskipun masih turun sekitar 20% tahun ini.

Kekayaan pasar Tesla telah dikaitkan dengan kesepakatan Twitter sejak Elon Musk membuat tawaran kejutannya awal tahun ini.

Elon Musk bulan lalu mengatakan dia mengakhiri perjanjian untuk membeli jejaring sosial di mana dia memiliki lebih dari 102 juta pengikut. Ia mengklaim Twitter telah membuat "representasi yang menyesatkan" atas jumlah bot spam di layanan tersebut. 

Twitter sejak itu menuntut Elon Musk untuk menyelesaikan kesepakatan, dan pengadilan di Pengadilan Kanser Delaware telah ditetapkan untuk Oktober.

Baca Juga: Twitter Cari Keterangan dari Bank tentang Upaya Musk Membatalkan Transaksi

Pada bulan Mei, Elon Musk membatalkan rencana untuk mendanai sebagian pembelian dengan pinjaman margin yang terkait dengan saham Tesla-nya dan meningkatkan ukuran komponen ekuitas menjadi US$ 33,5 miliar. 

Elon Musk sebelumnya telah mengumumkan bahwa dia mendapatkan US$ 7,1 miliar komitmen ekuitas dari investor termasuk miliarder Larry Ellison, Sequoia Capital dan Binance. Dalam tweetnya Selasa malam, Musk mengatakan penjualan saham itu juga untuk kemungkinan jika investor swasta itu tidak datang.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru