kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elon Musk Kirim Pesan ke Warren Buffett, Apa Bunyinya?


Selasa, 28 Maret 2023 / 09:03 WIB
Elon Musk Kirim Pesan ke Warren Buffett, Apa Bunyinya?
ILUSTRASI. Buffett dan Musk tidak pernah terlibat dalam kesepakatan bisnis bersama. REUTERS/Scott Morgan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Bayangkan jika Elon Musk, 51 tahun, CEO paling berpengaruh di dunia, dan Warren Buffett, 92 tahun, investor paling dikagumi di planet ini, menjalin kerjasama.

Mereka akan membentuk salah satu pasangan paling kuat di dunia bisnis.

Nama mereka bergema hampir di mana-mana. Mereka telah menjadi nama yang banyak disebut orang, dan banyak pengusaha dan investor menjadikan mereka panutan. Mereka termasuk di antara sedikit eksekutif yang menikmati popularitas luas, baik di dalam dan di luar komunitas bisnis.

Melansir The Street, Musk telah mendirikan atau ikut mendirikan empat perusahaan, yang paling terkenal adalah produsen kendaraan listrik Tesla dan perusahaan teknologi luar angkasa SpaceX. Dia juga mengakuisisi platform microblogging Twitter.

Musk juga investor pertama di OpenAI, startup yang baru saja membawa kecerdasan buatan ke era baru dengan chatbot ChatGPT.

Sedangkan Buffett merupakan Oracle of Omaha, CEO perusahaan investasi Berkshire Hathaway. Investor ritel meminta nasihatnya. Mereka ingin tahu bagaimana dia akan memposisikan dirinya dalam menghadapi krisis ekonomi.

Baca Juga: Ingin Hadapi Resesi dengan Tenang? Cek 5 Nasihat Berharga Warren Buffett Ini

Para CEO meminta nasihatnya sambil berharap dia akan berinvestasi dalam bisnis mereka. Selama krisis keuangan tahun 2008, Buffett menjadi penyelamat bank. Pada September 2008, dia menyelamatkan Goldman Sachs dari pengajuan kebangkrutan dengan memberikan pinjaman darurat sebesar US$ 5 miliar kepada bank investasi bergengsi. Beberapa tahun kemudian, Buffett menyelamatkan Bank of America, yang sama hancurnya akibat subprime mortgage.

Dalam beberapa hari terakhir, Gedung Putih dilaporkan telah berbicara di telepon dengan miliarder tersebut untuk meminta nasihat dalam mengelola krisis perbankan saat ini.

Musk dan Buffett: Sekutu atau Saingan?

Jika mereka populer dan saling mengagumi, Buffett dan Musk tidak pernah terlibat dalam kesepakatan bisnis bersama. Investor yang sangat dihormati tidak pernah memasukkan uang ke perusahaan mogul teknologi.

Faktanya, Buffett bertaruh pada saingan China Tesla, BYD, yang merupakan pemimpin global dalam kendaraan listrik dan hibrida. Sementara, Tesla hanya memproduksi kendaraan listrik.

Melalui Berkshire Hathaway, Buffett pada tahun 2008 mengakuisisi 225 juta saham BYD dengan harga sekitar US$ 232 juta. Sejak itu, investasi tumbuh secara substansial karena harga saham BYD naik selama bertahun-tahun.

Namun, selama beberapa bulan, Buffett telah mengurangi saham BYD miliknya. Berkshire telah menjual hampir 95 juta dari 225 juta saham aslinya, termasuk penjualan bulan lalu sebanyak 4,24 juta saham dengan harga hampir US$ 140 juta.

Berkshire tetap menjadi salah satu pemegang BYD terbesar dengan 130,3 juta saham, mewakili sekitar 12% saham di grup China.

Baca Juga: Rahasia Kaya Warren Buffett: Investasikan Lagi Profit yang Didapat




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×