kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Evakuasi kacau, AS dan Jerman minta warganya di Afghanistan hindari bandara Kabul


Minggu, 22 Agustus 2021 / 09:19 WIB
Evakuasi kacau, AS dan Jerman minta warganya di Afghanistan hindari bandara Kabul
ILUSTRASI. Pengungsi anak-anak menunggu penerbangan berikutnya setelah didaftarkan di Bandara Internasional Hamid Karzai, di Kabul. Lt. Mark Andries/U.S. Marine Corps/Handout via REUTERS


Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - KABUL. Amerika Serikat dan Jerman meminta warganya di Afghanistan untuk menghindari bepergian ke bandara Kabul, dengan alasan risiko keamanan ketika ribuan orang yang putus asa berkumpul dan mencoba melarikan diri hampir sepekan setelah kelompok Taliban mengambil alih.

Mengutip Reuters, Minggu (22/8), salah satu pendiri Taliban, Mullah Baradar tiba di ibu kota Afghanistan untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin lainnya. Kelompok itu mencoba untuk menuntaskan pemerintahan baru setelah pasukannya menyapu seluruh negeri, ketika pasukan pimpinan AS ditarik keluar.

Kerumunan terjadi di bandara selama seminggu terakhir, menghambat operasi di saat Amerika Serikat dan negara-negara lain berusaha untuk mengevakuasi ribuan diplomat dan warga sipil serta banyak warga Afghanistan. 

Para ibu, ayah, dan anak-anak telah mendorong reruntuhan dinding beton  saat mereka berusaha melarikan diri.

Baca Juga: Kecewa dengan tentara Afghanistan, Joe Biden: Mereka tidak berusaha melawan

Taliban telah mendesak mereka yang tidak memiliki dokumen perjalanan untuk pulang. Sedikitnya 12 orang tewas di dalam dan di sekitar lapangan terbang dengan landasan pacu tunggal sejak Minggu lalu, ketika Taliban menguasai Afghanistan, kata pejabat NATO dan Taliban.

"Karena potensi ancaman keamanan di luar gerbang bandara Kabul, kami menyarankan warga AS untuk menghindari bepergian ke bandara dan menghindari gerbang bandara saat ini kecuali Anda menerima instruksi individu dari perwakilan pemerintah AS untuk melakukannya," kata seorang pejabat AS. Kata penasihat kedutaan.

Kedutaan Besar Jerman memperingatkan warganya dalam email bahwa pasukan Taliban melakukan kontrol yang semakin ketat di sekitarnya.

Mayor Jenderal Angkatan Darat William Taylor, dengan Staf Gabungan militer AS, mengatakan kepada Pentagon bahwa 5.800 tentara AS tetap berada di bandara dan bahwa fasilitas itu "tetap aman". 
Taylor mengatakan beberapa gerbang ke bandara ditutup sementara dan dibuka kembali pada hari terakhir untuk memfasilitasi masuknya pengungsi yang aman.

Seorang pejabat Taliban, berbicara kepada Reuters, mengatakan risiko keamanan tidak dapat dikesampingkan tetapi kelompok itu "bertujuan untuk memperbaiki situasi dan memberikan jalan keluar yang mulus" bagi orang-orang yang mencoba pergi selama akhir pekan. 

Pengambilalihan Taliban telah memicu ketakutan akan pembalasan dan kembalinya ke versi keras hukum Islam yang dilakukan Taliban ketika mereka berkuasa dua dekade lalu.

Taylor mengatakan Amerika Serikat dalam seminggu terakhir telah mengevakuasi 17.000 orang , termasuk 2.500 orang Amerika, dari Kabul. Dia mengatakan pada hari terakhir 3.800 orang dievakuasi dengan militer AS dan penerbangan carteran.

Baca Juga: Operasi KBRI Kabul Afghanistan sementara dilakukan di Islamabad Pakistan

Presiden Joe Biden akan memberikan pembaruan pada hari Minggu tentang tanggapan pemerintah terhadap Badai Henri dan evakuasi warga Amerika dan pengungsi dari Afghanistan, kata Gedung Putih.

Presiden akan berbicara pada jam 4 sore. EDT (2000 GMT), setelah bertemu dengan tim keamanan nasionalnya untuk mendengar pembaruan intelijen, keamanan dan diplomatik tentang situasi yang berkembang di Afghanistan, kata Gedung Putih.

Pemerintahan Biden telah mengatakan kepada maskapai penerbangan AS bahwa mereka dapat diperintahkan untuk membantu mengangkut orang-orang yang telah dievakuasi dari Afghanistan, kata dua pejabat pada hari Sabtu.

Selanjutnya: Pemerintah evakuasi 26 WNI dari Afghanistan




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×