Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
SAN FRANCISCO. Dalam postingannya di blog pada Rabu (9/10), Facebook mengatakan pihaknya akan segera menawarkan para pengguna cara baru menonton video di jejaring sosial milik mereka. Layanan ini dinamakan Watch.
Sebelumnya, Facebook memang sudah dikabarkan akan masuk ke bisnis siaran seperti TV. Namun Watch lebih mirip seperti YouTube. Dengan layanan ini, pengguna akan menemukan beragam video di luar time line mereka sendiri dengan sangat mudah. Bahkan pengguna dipermudah untuk membuat sendiri Watchlists, sehingga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
Fitur ini akan muncul di sejumlah pengguna dan kreator video di AS terlebih dulu. Sayangnya, Facebook tidak menyebut tanggal spesifiknya.
Berdasarkan laporan TechCrunch, sejumlah pengguna akan memiliki akses atas konten Watch mulai Kamis ini. TechCrunch juga melaporkan bahwa partner yang membuat video original secara eksklusif untuk Facebook akan mendapatkan 55% dari pendapatan iklan via Watch. Sekitar 45% lainnya untuk Facebook.
Menyusul update kinerja kuartal terakhir, Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg mengatakan, "Kami sudah menanamkan investasi awal untuk menciptakan konten episodic."